RAMADHANI, INDRI (2023) Pengembangan E-Module Berbasis Flip Builder Pada Tema 6 Subtema 2 Materi Perpindahan Kalor di Kelas V SDN 102117 Gunung Pamela T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193111095_Cover.pdf
Download (16kB)
1193111095_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (319kB)
1193111095_Abstrak.pdf
Download (92kB)
1193111095_Kata_Pengantar.pdf
Download (171kB)
1193111095_Daftar_Isi.pdf
Download (236kB)
1193111095_Daftar_Gambar.pdf
Download (86kB)
1193111095_Daftar_Tabel.pdf
Download (85kB)
1193111095_Daftar_Lampiran.pdf
Download (154kB)
1193111095_BAB_I.pdf
Download (242kB)
1193111095_BAB_V.pdf
Download (88kB)
1193111095_Daftar_Pustaka.pdf
Download (174kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-module berbasis flip builder pada tema 6 subtema 2 materi perpindahan kalor yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah, mengetahui kelayakan e-module berbasis flip builder, mengetahui respon atau tanggapan guru dan siswa, serta keefektifan produk e-module yang telah dikembangkan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya bahan ajar yang disediakan guru, kurang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, belum tersedia bahan ajar bisa diakses siswa dimana pun dan kapan pun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Develophment (R&D) dengan menggunakan model 4D oleh Thiagarajan (1974). Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media, 2 orang guru dan 24 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media, guru dan siswa serta instrument tes untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap e-module berbasis flip builder yang telah dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase. Dari hasil analisis data diperoleh validasi validasi oleh ahli materi sebesar 82,22% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media sebesar 81,11% dengan kategori sangat layak. Penilaian respon guru II sebesar 86,66% dengan kategori sangat layak, Penilaian respon guru I sebesar 88,33% dengan kategori sangat layak dan penilaian oleh siswa dalam uji kelompok kecil sebesar 92,67%, penilaian oleh siswa dalam uji skala kelas besar memperoleh persentase nilai 90,34 % dengan kategori sangat layak . Pada hasil tes peserta didik melakukan pretest dan postest sehingga mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,72 yang termasuk dalam kategori efektif. Dan dapat disimpulkan e-module berbasis flip builder pada tema 6 subtema 2 materi perpindahan kalor dinyatakan valid atau layak , praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembangan; E-Module, Flip Builder; Tema 6 Subtema 2 Materi Perpindahan Kalor |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:29 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58935 |