Pengembangan E-Module Berbasis Flip Builder Pada Tema 6 Subtema 2 Materi Perpindahan Kalor di Kelas V SDN 102117 Gunung Pamela T.A 2022/2023.

RAMADHANI, INDRI (2023) Pengembangan E-Module Berbasis Flip Builder Pada Tema 6 Subtema 2 Materi Perpindahan Kalor di Kelas V SDN 102117 Gunung Pamela T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193111095_Cover.pdf] Text
1193111095_Cover.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 1193111095_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111095_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 1193111095_Abstrak.pdf] Text
1193111095_Abstrak.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 1193111095_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111095_Kata_Pengantar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1193111095_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111095_Daftar_Isi.pdf

Download (236kB)
[thumbnail of 1193111095_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111095_Daftar_Gambar.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 1193111095_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111095_Daftar_Tabel.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 1193111095_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111095_Daftar_Lampiran.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 1193111095_BAB_I.pdf] Text
1193111095_BAB_I.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 1193111095_BAB_V.pdf] Text
1193111095_BAB_V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1193111095_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111095_Daftar_Pustaka.pdf

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-module berbasis flip builder pada tema 6 subtema 2 materi perpindahan kalor yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di sekolah maupun di luar sekolah, mengetahui kelayakan e-module berbasis flip builder, mengetahui respon atau tanggapan guru dan siswa, serta keefektifan produk e-module yang telah dikembangkan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya bahan ajar yang disediakan guru, kurang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, belum tersedia bahan ajar bisa diakses siswa dimana pun dan kapan pun. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Develophment (R&D) dengan menggunakan model 4D oleh Thiagarajan (1974). Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media, 2 orang guru dan 24 siswa kelas V. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media, guru dan siswa serta instrument tes untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap e-module berbasis flip builder yang telah dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase. Dari hasil analisis data diperoleh validasi validasi oleh ahli materi sebesar 82,22% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi oleh ahli media sebesar 81,11% dengan kategori sangat layak. Penilaian respon guru II sebesar 86,66% dengan kategori sangat layak, Penilaian respon guru I sebesar 88,33% dengan kategori sangat layak dan penilaian oleh siswa dalam uji kelompok kecil sebesar 92,67%, penilaian oleh siswa dalam uji skala kelas besar memperoleh persentase nilai 90,34 % dengan kategori sangat layak . Pada hasil tes peserta didik melakukan pretest dan postest sehingga mendapatkan nilai N-Gain sebesar 0,72 yang termasuk dalam kategori efektif. Dan dapat disimpulkan e-module berbasis flip builder pada tema 6 subtema 2 materi perpindahan kalor dinyatakan valid atau layak , praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pengembangan; E-Module, Flip Builder; Tema 6 Subtema 2 Materi Perpindahan Kalor
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:29
Last Modified: 09 Jan 2025 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58935

Actions (login required)

View Item
View Item