Muti’ah (2016) EFEK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA PHET DAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8146176011 SAMPUL TESIS.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
2. NIM 8146176011 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM 8146176011 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4. NIM 8146176011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
5. NIM 8146176011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 8146176011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM 8146176011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
8. NIM 8146176011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
9. NIM 8146176011 BAB I.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
13. NIM 8146176011 BAB V.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
14. NIM 8146176011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dengan menggunakan media PhET lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis di atas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis dibawah rata-rata, dan ada interaksi antara model pembelajaran inquiry training menggunakan media PhET dengan kemampuan berpikir logis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian yang dilakukan secara kuasi eksperimen ini menggunakan siswa MTsN 1 Padangsidimpuan sebagai populasi dan memilih sampel kelas VIII-8 dan VIII-9 secara cluster random sampling. Instrument yang digunakan adalah tes essay untuk keterampilan proses sains serta tes pilihan berganda untuk tes kemampuan berpikir logis. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Keterampilan proses sains siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dengan menggunakan media PhET lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, Keterampilan proses sains siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis di atas rata-rata lebih baik dari siswa yang memiliki kemampuan berpikir logis dibawah rata-rata dan Ada interaksi antara model pembelajaran inquiry training menggunakan media PhET dengan kemampuan berpikir logis siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Mut e |
Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran konvensional; Media phet; Berpikir logis; Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 03:35 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 03:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5886 |