Perbedaan Kemampuan Literasi Numerasi dan Minat Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Cognitive Growth pada Siswa Sekolah Dasar

Adilla, Farhatun Trisna (2023) Perbedaan Kemampuan Literasi Numerasi dan Minat Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Cognitive Growth pada Siswa Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216182035_Cover.pdf] Text
8216182035_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 8216182035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216182035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of 8216182035_Abstrak.pdf] Text
8216182035_Abstrak.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 8216182035_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216182035_Kata_Pengantar.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 8216182035_Daftar_Isi.pdf] Text
8216182035_Daftar_Isi.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 8216182035_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216182035_Daftar_Tabel.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of 8216182035_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216182035_Daftar_Gambar.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 8216182035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216182035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 8216182035_BAB_I.pdf] Text
8216182035_BAB_I.pdf

Download (399kB)
[thumbnail of 8216182035_BAB_V.pdf] Text
8216182035_BAB_V.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 8216182035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216182035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan literasi numerasi siswa dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis: 1) Perbedaan kemampuan literasi numerasi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Cognitive Growth; 2) Perbedaan minat belajar siswa pada model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Cognitive Growth; 3) Interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan Cognitive Growth dengan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan literasi numerasi siswa; 4) Interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan Cognitive Growth dengan kemampuan awal matematika terhadap minat belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 7 Langsa pada semester ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi numerasi dan non tes berupa angket minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan literasi numerasi siswa yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang diberi model pembelajaran Cognitive Growth; 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang memperoleh pembelajaran Cognitive Growth; 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan Cognitive Growth dengan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan literasi numerasi siswa; 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dan Cognitive Growth dengan kemampuan awal matematika terhadap minat belajar siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang diberikan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning dan Cognitive Growth tidak terdapat perbedaan untuk kemampuan literasi numerasi dan minat belajar pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 7 Langsa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Adi p
Keywords: Kemampuan Literasi Numerasi, Minat Belajar, Problem Based Learning, Cognitive Growth
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2024 11:50
Last Modified: 17 Jul 2024 11:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58767

Actions (login required)

View Item
View Item