Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Case Method untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Kimia Kelas XI SMA Semester Genap

Sari, Nur Maida (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Case Method untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Kimia dan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Kimia Kelas XI SMA Semester Genap. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216142009_Cover.pdf] Text
8216142009_Cover.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of 8216142009_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216142009_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (723kB)
[thumbnail of 8216142009_Abstrak.pdf] Text
8216142009_Abstrak.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 8216142009_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216142009_Kata_Pengantar.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 8216142009_Daftar_Isi.pdf] Text
8216142009_Daftar_Isi.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 8216142009_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216142009_Daftar_Tabel.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8216142009_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216142009_Daftar_Gambar.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of 8216142009_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216142009_Daftar_Lampiran.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 8216142009_BAB_I.pdf] Text
8216142009_BAB_I.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 8216142009_BAB_V.pdf] Text
8216142009_BAB_V.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 8216142009_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216142009_Daftar_Pustaka.pdf

Download (245kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data analisis kebutuhan bahan ajar berbasis case method yang dikembangkan sesuai standar BSNP, mengetahui kelayakan bahan ajar bebasis case method, mengetahui kemampuan literasi kimia peserta didik, motivasi belajar peserta didik dan respon peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar berbasis case method yang dikembangkan. Penelitian dilakukaan di SMA Negeri 5 Langsa menggunakan metode R & D dengan model ADDIE. Populasi penelitian terdiri dari seluruh peserta didik kelas XI dengan sampel kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3 yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian terdiri dari angket kelayakan BSNP yang telah dimodifikasi, instrumen tes kemampuan literasi kimia berupa soal essay, angket motivasi belajar peserta didik dan angket respon peserta didik terhadap penggunaan bahan ajar berbasis case method. Uji hipotesis dilakukan dengan uj- t pihak kanan dengan menggunakan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil penelitian diperoleh dari analisis kebutuhan perlu adanya pengembangan pada bahan ajar terutama aspek literasi, nilai rata-rata kelayakan bahan ajar berbasis case method yang dikembangkan adalah 3,73 dengan kategori layak tanpa perlu revisi. Kemampuan literasi kimia peserta didik kelas eksperimen diperoleh sebesar 62,5 lebih tinggi dari kelas kontrol sebesar 48,5 secara signifikan. Motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen diperoleh sebesar 85,16 lebih tinggi dari motivasi belajar kelas control sebesar 78,00 secara signifikan. Peserta didik memberikan respon sangat baik dengan rata-rata persentase 84,10% terhadap penggunaan bahan ajar berbasis case method yang dikembangkan sebagai penunjang pelaksanaan pembelajaran kimia di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 540.72 Sar p
Keywords: Bahan Ajar, case method, kemampuan literasi kimia, Motivasi Belajar, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 17 Jul 2024 10:40
Last Modified: 17 Jul 2024 10:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58756

Actions (login required)

View Item
View Item