Pohan, Dasrin (2023) Penerapan Pembelajaran model Eliciting Activities dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.
8206172008_Cover.pdf
Download (53kB)
8206172008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (3MB)
8206172008_Abstrak.pdf
Download (63kB)
8206172008_Kata_Pengantar.pdf
Download (161kB)
8206172008_Daftar_Isi.pdf
Download (151kB)
8206172008_Daftar_Tabel.pdf
Download (120kB)
8206172008_Daftar_Gambar.pdf
Download (82kB)
8206172008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (86kB)
8206172008_BAB_I.pdf
Download (816kB)
8206172008_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8206172008_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
8206172008_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
8206172008_BAB_V.pdf
Download (271kB)
8206172008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (156kB)
8206172008_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan model eliciting aktivitas memunculkan dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan cara saintifik. (2) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan model elicitasi aktivitas siswa yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. (3) Untuk mengetahui bagaimana proses menjawab siswa yang pembelajarannya menggunakan model elisitasi aktivitas dan yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Asy-Syafiiyah Medan dan sampel penelitian ini diambil secara acak sebanyak dua kelas. Uji statistik yang digunakan dalam analisis data adalah uji beda rata-rata dan uji t . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan kemampuan refresentasi matematis siswa yang menggunakan model elicitasi aktivitas dengan siswa yang diberi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik. (2) terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa yang menggunakan model elicitasi aktivitas dengan siswa yang diberi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik. (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajaran menggunakan model eliciting activities (MEA) dan yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Dengan demikian, pembelajaran model eliciting aktivitas dengan pendekatan saintifik dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa dan kemandirian belajar siswa
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information: | 510.72 Poh p |
| Keywords: | Model eliciting aktivities, Representasi, Kemandirian, Matematika |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - (S2) |
| Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
| Date Deposited: | 27 Jun 2024 15:11 |
| Last Modified: | 09 Jul 2025 09:40 |
| URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58649 |
