Pohan, Dasrin (2023) Penerapan Pembelajaran model Eliciting Activities dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.
8206172008_Cover.pdf
Download (53kB)
8206172008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (3MB)
8206172008_Abstrak.pdf
Download (63kB)
8206172008_Kata_Pengantar.pdf
Download (161kB)
8206172008_Daftar_Isi.pdf
Download (151kB)
8206172008_Daftar_Tabel.pdf
Download (120kB)
8206172008_Daftar_Gambar.pdf
Download (82kB)
8206172008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (86kB)
8206172008_BAB_I.pdf
Download (816kB)
8206172008_BAB_V.pdf
Download (271kB)
8206172008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (156kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan model eliciting aktivitas
memunculkan dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan cara saintifik. (2) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan model
elicitasi aktivitas siswa yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. (3) Untuk mengetahui bagaimana proses menjawab siswa yang pembelajarannya menggunakan model elisitasi aktivitas dan yang menggunakan pembelajaran dengan
pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Asy-Syafiiyah Medan dan sampel penelitian ini
diambil secara acak sebanyak dua kelas. Uji statistik yang digunakan dalam analisis data adalah uji beda rata-rata dan uji t . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat
perbedaan kemampuan refresentasi matematis siswa yang menggunakan model elicitasi aktivitas dengan siswa yang diberi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik. (2)
terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa yang menggunakan model elicitasi aktivitas dengan siswa yang diberi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik. (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajaran menggunakan model eliciting activities (MEA) dan yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Dengan
demikian, pembelajaran model eliciting aktivitas dengan pendekatan saintifik dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan
kemampuan representasi matematis siswa dan kemandirian belajar siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Poh p |
Keywords: | Model eliciting aktivities, Representasi, Kemandirian, Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 15:11 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 15:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58649 |