Penerapan Pembelajaran model Eliciting Activities dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa

Pohan, Dasrin (2023) Penerapan Pembelajaran model Eliciting Activities dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206172008_Cover.pdf] Text
8206172008_Cover.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 8206172008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206172008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 8206172008_Abstrak.pdf] Text
8206172008_Abstrak.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 8206172008_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206172008_Kata_Pengantar.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 8206172008_Daftar_Isi.pdf] Text
8206172008_Daftar_Isi.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 8206172008_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206172008_Daftar_Tabel.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 8206172008_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206172008_Daftar_Gambar.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of 8206172008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206172008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 8206172008_BAB_I.pdf] Text
8206172008_BAB_I.pdf

Download (816kB)
[thumbnail of 8206172008_BAB_V.pdf] Text
8206172008_BAB_V.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 8206172008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206172008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diberi pembelajaran dengan model eliciting aktivitas
memunculkan dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan cara saintifik. (2) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemandirian belajar siswa yang diajar dengan model
elicitasi aktivitas siswa yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. (3) Untuk mengetahui bagaimana proses menjawab siswa yang pembelajarannya menggunakan model elisitasi aktivitas dan yang menggunakan pembelajaran dengan
pendekatan saintifik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Asy-Syafiiyah Medan dan sampel penelitian ini
diambil secara acak sebanyak dua kelas. Uji statistik yang digunakan dalam analisis data adalah uji beda rata-rata dan uji t . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat
perbedaan kemampuan refresentasi matematis siswa yang menggunakan model elicitasi aktivitas dengan siswa yang diberi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik. (2)
terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa yang menggunakan model elicitasi aktivitas dengan siswa yang diberi model pembelajaran dengan pendekatan saintifik. (3) proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajaran menggunakan model eliciting activities (MEA) dan yang menggunakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Dengan
demikian, pembelajaran model eliciting aktivitas dengan pendekatan saintifik dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan
kemampuan representasi matematis siswa dan kemandirian belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Poh p
Keywords: Model eliciting aktivities, Representasi, Kemandirian, Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 15:11
Last Modified: 27 Jun 2024 15:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58649

Actions (login required)

View Item
View Item