Pakpahan, Hermanto Elisa (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOMPUTER DI KELAS X TKJ SMK SWASTA TELADAN MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 5112131006 COVER.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
02. NIM 5112131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
03. NIM5112131006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
04. NIM 5112131006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
05. NIM 5112131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
06. NIM 5112131006 TABLES.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
07. NIM 5112131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
08. NIM 5112131006 APPENDICS.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
09. NIM 5112131006 CHAPTERR I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
13. NIM 5112131006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM 5112131006 BIBLOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar pada materi mata pelajaran sistem komputer dari siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode Ekspositori di kelas X TKJ SMK Swasta Teladan Medan T.P 2015/2016.
Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X program keahlian teknik komunikasi dan jaringan SMK Swasta Teladan Medan tahun ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program keahlian teknik komunikasi dan jaringan SMK Swasta Teladan Medan yang berjumlah 162 orang. Sampel yang digunakan adalah kelas TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas TKJ 4 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data yang diperoleh pada kelas eksperimen, pretest = 43,25;SD=8,43 dan postest =74,87;SD=8,28. Sedangkan kelas control, pretest =39,12;SD=9,12 dan posttest =63,12;SD=7,90. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t, dari data perhitungan hipotesis thitung = 6,49 sedang ttabel = 1,67. Hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung>ttabel yaitu 6,49>1,67 dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada mata pelajaran sistem komputer dari siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar dengan metode Ekspositori di kelas X TKJ SMK Swasta Teladan Medan T.P 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 021 |
Keywords: | Contextual Teaching and Learning; ekspositori;hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 03:25 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5858 |