Fahri, Faisal (2024) Pengembangan Materi Ajar Teks Ulasan Berbasis Kearifan Lokal Batu Bara Berbantuan FlipHTML5. Masters thesis, UNIMED.
8216191004_Cover.pdf
Download (236kB)
8216191004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (255kB)
8216191004_Abstrak.pdf
Download (186kB)
8216191004_Kata_Pengantar.pdf
Download (414kB)
8216191004_Daftar_Isi.pdf
Download (127kB)
8216191004_Daftar_Tabel.pdf
Download (100kB)
8216191004_Daftar_Gambar.pdf
Download (71kB)
8216191004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (137kB)
8216191004_BAB_I.pdf
Download (781kB)
8216191004_BAB_V.pdf
Download (305kB)
8216191004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (302kB)
Abstract
Penelitian inidilatarbelakangi oleh beberapa kondisi yaitu: sumber belajar, media pembelajaran, sarana prasarana, dan hasil belajarpeserta didik. Oleh sebab itu, penelitian ini ditujukan untuk:(1)MendeskripsikanProses Pengembangan Materi AjarTeks Ulasan Berbasis Kearifan Lokal Batu Bara Berbantuan FlipHTML5 Untuk Siswa Kelas VIII MTs Swasta Baitussalam, (2)Mendeskripsikan Kelayakan MateriAjarTeks Ulasan Berbasis Kearifan Lokal Batu Bara Berbantuan FlipHTML5 Untuk Siswa Kelas VIII MTs Swasta Baitussalam, 3)MendeskripsikanEfektivitas MateriAjarTeks Ulasan Berbasis Kearifan Lokal Batu Bara Berbantuan FlipHTML5 Untuk Siswa Kelas VIII MTs Swasta Baitussalam.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development(R&D) dengan menggunakanmodel4D dari Thiagarajan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1)Proses pengembangan materiajaryang berbentuke-modul dilakukan dengan beberapa tahap antara lain:(a)define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), serta disseminate (penyebarluasan).(2) Kelayakan materiajar yang berbentuk e-modul diperoleh dari penilaian ahli materi,desain, respon guru, serta seluruh peserta didik. Persentase rata-rata yang diperoleh dari hasil penilaian ahli materi I dan II adalah 88,5%, penilaian dari ahli desain I dan II adalah 95%, respon guru adalah 89%, serta respon seluruh peserta didik adalah91,25%.Kriteria seluruh penilaian tersebut dengan kategori “sangat valid/praktis”, artinya e-modul yang telah dikembangkan dinyatakan layak untuk peserta didik kelas VIII. (3) Keefektifan sebelum menggunakan materi ajar(pretest) adalah 61,93dansetelah menggunakan materi ajar berbentuk e-modul yang dikembangkan(posttest)meningkat menjadi 83,93.Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dengan selisih 22,00.Nilai peserta didik terendah adalah 71, sedang 85, serta tertinggi 92.Penelitian ini memiliki implikasipadasumbangan praktis dalam pelaksanaan proses pembelajaran baik bagi guru maupun peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 410. 72 Fah p |
Keywords: | Materi Ajar Teks Ulasan, Kearifan Lokal Batu Bara,FlipHTML5 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Jun 2024 14:33 |
Last Modified: | 18 Jun 2024 14:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58536 |