Utami, Windy Dwi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Tema 4 Sub Tema 2 Kelas V SDS Islam Al– Ulum Terpadu Di Kecamatan Medan Tembung Kota Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311008_Cover.pdf
Download (181kB)
1193311008_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (400kB)
1193311008_Abstrak.pdf
Download (353kB)
1193311008_Kata_Pengantar.pdf
Download (292kB)
1193311008_Daftar_Isi.pdf
Download (291kB)
1193311008_Daftar_Gambar.pdf
Download (171kB)
1193311008_Daftar_Tabel.pdf
Download (176kB)
1193311008_Daftar_Lampiran.pdf
Download (112kB)
1193311008_BAB_I.pdf
Download (623kB)
1193311008_BAB_V.pdf
Download (247kB)
1193311008_Daftar_Pustaka.pdf
Download (295kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar tema 4 sub tema 2 pembelajaran 3 kelas V SDS Islam Al- Ulum Terpadu T.A 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal. Sementara itu Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan nonequivalent group. Hasil penilitian menunjukkan terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar tema 4 sub tema 2 pembelajaran 3 setelah diterapkannya model pembelajaran STAD pada kelas eksperimen melalui analisis statistik parametrik yaitu Hasil Uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,889 > 1,678) . selain itu pada hasil analisis statistik deskriptif dengan perolehan nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 90,83 sedangkan
nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 75,83. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan nilai yang signifikan dimana Ha diterima dan H0 ditolak, diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,001 < 0,005.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran STAD;Hasil Belajar; Quasi Experiment; Nonequivalent Group |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 06:08 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 06:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58426 |