Pengaruh Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Tema 4 Sub Tema 2 Kelas V SDS Islam Al– Ulum Terpadu Di Kecamatan Medan Tembung Kota Medan

Utami, Windy Dwi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran STAD Terhadap Hasil Belajar Tema 4 Sub Tema 2 Kelas V SDS Islam Al– Ulum Terpadu Di Kecamatan Medan Tembung Kota Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311008_Cover.pdf] Text
1193311008_Cover.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 1193311008_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311008_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of 1193311008_Abstrak.pdf] Text
1193311008_Abstrak.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 1193311008_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311008_Kata_Pengantar.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 1193311008_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311008_Daftar_Isi.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 1193311008_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311008_Daftar_Gambar.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 1193311008_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311008_Daftar_Tabel.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1193311008_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311008_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1193311008_BAB_I.pdf] Text
1193311008_BAB_I.pdf

Download (623kB)
[thumbnail of 1193311008_BAB_V.pdf] Text
1193311008_BAB_V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1193311008_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311008_Daftar_Pustaka.pdf

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar tema 4 sub tema 2 pembelajaran 3 kelas V SDS Islam Al- Ulum Terpadu T.A 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal. Sementara itu Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan rancangan nonequivalent group. Hasil penilitian menunjukkan terdapat pengaruh positif terhadap hasil belajar tema 4 sub tema 2 pembelajaran 3 setelah diterapkannya model pembelajaran STAD pada kelas eksperimen melalui analisis statistik parametrik yaitu Hasil Uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (6,889 > 1,678) . selain itu pada hasil analisis statistik deskriptif dengan perolehan nilai rata-rata post-test lebih tinggi dari kelas kontrol. Nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 90,83 sedangkan
nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 75,83. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan nilai yang signifikan dimana Ha diterima dan H0 ditolak, diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,001 < 0,005.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran STAD;Hasil Belajar; Quasi Experiment; Nonequivalent Group
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:08
Last Modified: 11 Jun 2024 06:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58426

Actions (login required)

View Item
View Item