Pulungan, Muhammad Bahmid Effendi (2024) Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara. Masters thesis, UNIMED.
8206132007_Cover.pdf
Download (52kB)
8206132007_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (10MB)
8206132007_Abstrak.pdf
Download (68kB)
8206132007_Kata_Pengantar.pdf
Download (166kB)
8206132007_Daftar_Isi.pdf
Download (119kB)
8206132007_Daftar_Tabel.pdf
Download (57kB)
8206132007_Daftar_Gambar.pdf
Download (56kB)
8206132007_BAB_I.pdf
Download (462kB)
8206132007_BAB_V.pdf
Download (363kB)
8206132007_Daftar_Pustaka.pdf
Download (306kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap 1) proses komunikasi, 2) dukungan sumber daya, 3) disposisi, 4) dukungan struktur birokrasi, dan 5) ketercapaian implementasi kebijakan dalam pengimplementasian kebijakan kurikulum merdeka SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara dengan merujuk pada Permendikbud Ristek No. 56 Tahun 2022 dan No. 262 Tahun 2022. Landasan teori penelitian ini menggunakan kerangka kerja teori implementasi kebijakan Edward III. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, melibatkan responden yang terdiri dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, Kepala Sekolah, Staf Tata Usaha, dan Guru SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri Kabupaten Batu Bara berjalan dengan baik, didukung oleh 1) proses transmisi komunikasi yang jelas, 2) sumber daya yang memadai, 3) disposisi yang positif, 4) struktur birokrasi yang efektif dan 5) SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara telah berhasil mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Keberhasilan ini tercermin dalam ketersediaan informasi yang jelas, dukungan sumber daya yang memadai, integrasi disposisi yang positif, dan dukungan struktur birokrasi yang terorganisir. Implementasi yang berhasil ini memastikan ketercapaian tujuan kurikulum Merdeka dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan konsep Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 375.006 Pul e |
Keywords: | implementasi kebijakan, kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 03:18 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 03:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58351 |