Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara

Pulungan, Muhammad Bahmid Effendi (2024) Analisis Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206132007_Cover.pdf] Text
8206132007_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 8206132007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206132007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of 8206132007_Abstrak.pdf] Text
8206132007_Abstrak.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 8206132007_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206132007_Kata_Pengantar.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 8206132007_Daftar_Isi.pdf] Text
8206132007_Daftar_Isi.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of 8206132007_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206132007_Daftar_Tabel.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 8206132007_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206132007_Daftar_Gambar.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 8206132007_BAB_I.pdf] Text
8206132007_BAB_I.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 8206132007_BAB_V.pdf] Text
8206132007_BAB_V.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 8206132007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206132007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap 1) proses komunikasi, 2) dukungan sumber daya, 3) disposisi, 4) dukungan struktur birokrasi, dan 5) ketercapaian implementasi kebijakan dalam pengimplementasian kebijakan kurikulum merdeka SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara dengan merujuk pada Permendikbud Ristek No. 56 Tahun 2022 dan No. 262 Tahun 2022. Landasan teori penelitian ini menggunakan kerangka kerja teori implementasi kebijakan Edward III. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, melibatkan responden yang terdiri dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V, Kepala Sekolah, Staf Tata Usaha, dan Guru SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan kurikulum Merdeka Belajar di SMK Negeri Kabupaten Batu Bara berjalan dengan baik, didukung oleh 1) proses transmisi komunikasi yang jelas, 2) sumber daya yang memadai, 3) disposisi yang positif, 4) struktur birokrasi yang efektif dan 5) SMK Negeri di Kabupaten Batu Bara telah berhasil mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Keberhasilan ini tercermin dalam ketersediaan informasi yang jelas, dukungan sumber daya yang memadai, integrasi disposisi yang positif, dan dukungan struktur birokrasi yang terorganisir. Implementasi yang berhasil ini memastikan ketercapaian tujuan kurikulum Merdeka dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang sesuai dengan konsep Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 375.006 Pul e
Keywords: implementasi kebijakan, kurikulum Merdeka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 07 Jun 2024 03:18
Last Modified: 07 Jun 2024 03:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58351

Actions (login required)

View Item
View Item