Juanta, Palma (2016) EFEK MODEL INQUIRY TRAINING MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH DAN MOTIVASI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS FISIKA SISWA SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8146176026 COVER.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM. 8146176026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
3. NIM. 8146176026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 8146176026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
5. NIM. 8146176026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 8146176026 TABLES.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
7. NIM. 8146176026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
8. NIM. 8146176026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
9. NIM. 8146176026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
13. NIM. 8146176026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
14. NIM. 8146176026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media macromedia flash dan pembelajaran konvensional, dan mengetahui apakah ada perbedaan Keterampilan proses sains siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi yang rendah ,serta untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training menggunakan macromedia flash dan tingkat motivasi dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain two group pretest posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Budi Agung tahun ajaran 2015/2016. Pemilihan sampel diambil secara cluster random class.Sampel dibagi dalam dua kelas, kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Inquiry Training menggunakan media macromedia flash dan kelas kontrol diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes keterampilan proses sains dan angket motivasi. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Inquiry Training menggunakan macromedia flash lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa, keterampilan proses sains siswa pada kelompok siswa yang memiliki motivasi yang tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki motivasi yang rendah, serta terdapat interaksi antara model pembelajaran Inquiry Training menggunaakan media macromedia flash dengan motivasi dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.071 2 Jua e |
Keywords: | Pembelajaran fisika; Pembelajaran konvensional; Model pembelajaran; Inquiry training; Motivasi belajar; Macromedia flash; Proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 16 Jun 2016 06:51 |
Last Modified: | 16 Jun 2016 06:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5826 |