Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Kelas V SD Negeri 105373 Tualang Kabupaten Serdang Bedagai

Khaira, Hafizatul (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis HOTS di Kelas V SD Negeri 105373 Tualang Kabupaten Serdang Bedagai. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8196182006_Cover.pdf] Text
8196182006_Cover.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 8196182006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8196182006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 8196182006_Abstrak.pdf] Text
8196182006_Abstrak.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 8196182006_Kata_Pengantar.pdf] Text
8196182006_Kata_Pengantar.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 8196182006_Daftar_Isi.pdf] Text
8196182006_Daftar_Isi.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 8196182006_Daftar_Tabel.pdf] Text
8196182006_Daftar_Tabel.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 8196182006_Daftar_Gambar.pdf] Text
8196182006_Daftar_Gambar.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 8196182006_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8196182006_Daftar_Lampiran.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 8196182006_BAB_I.pdf] Text
8196182006_BAB_I.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 8196182006_BAB_V.pdf] Text
8196182006_BAB_V.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 8196182006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8196182006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (255kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran tematik berbasis HOTS di kelas V SD Negeri 105373 Tualang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengikuti langkah-langkah pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah praktisi Ahli, guru, dan peserta didik kelas V yang berjumlah 56 peserta didik. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa pengembangan modul ini layak, diukur dari hasil validasi ahli materi sebesar 92,85%, ahli desain sebesar 96,87%, ahli bahasa sebesar 82,94%, dari hasil validasi oleh ketiga ahli menunjukan hasil dengan kriteria sangat layak. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan juga menunjukkan bahwa modul ini praktis, diukur dari hasil angket respon siswa dengan hasil 85,04% kategori sangat praktis dan hasil angket respon guru diperoleh 88,63% kategori sangat praktis. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa modul ini efektif, diukur dari nilai post test kelas eksperimen dengan hasil rata-rata sebesar 79,29 yang memenuhi nilai KKM. Nilai posttest kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 48,21. Hal ini dapat dimaknai bahwa pembelajaran tematik menggunakan modul pembelajaran tematik berbasis HOTS layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Kha p
Keywords: Modul Pembelajaran, Tematik, HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 31 May 2024 00:01
Last Modified: 31 May 2024 00:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58257

Actions (login required)

View Item
View Item