Siregar, Ayuni Puspa Lestari (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 107396 PALUH MERBAU. Undergraduate thesis, UNIMED.
1193111047_Cover.pdf
Download (2MB)
1193111047_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
1193111047_Abstrak.pdf
Download (2MB)
1193111047_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
1193111047_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
1193111047_Daftar_Tabel.pdf
Download (2MB)
1193111047_Daftar_Gambar.pdf
Download (2MB)
1193111047_Daftar_Lampiran.pdf
Download (2MB)
1193111047_BAB_I.pdf
Download (348kB)
1193111047_BAB_V.pdf
Download (2MB)
1193111047_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 107396 Paluh Merbau. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 107396 Paluh Merbau sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes lisan. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 107396 Paluh Merbau. Hal tersebut terlihat dari perbandingan antara nilai pre test dan post test. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 67,5 nilai rata-rata tersebut berada pada interval 55-69 yang termasuk kedalam kategori rendah. Sedangkan nilai rata-rata posttest siswa sebesar 90,15 yang berada pada interval 85- 100 yang berarti termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca siswa sebanyak 22,65. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai t Hitung lebih besar dari t Tabel (8,08 > 3,690) pada signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan df= 27. Artinya, Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa penerapan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat memberi pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 107396 Paluh Merbau
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode SAS dan Keterampilan Membaca Permulaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 30 May 2024 02:56 |
Last Modified: | 30 May 2024 02:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58157 |