PENGARUH PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 107396 PALUH MERBAU

Siregar, Ayuni Puspa Lestari (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 107396 PALUH MERBAU. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1193111047_Cover.pdf] Text
1193111047_Cover.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111047_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193111047_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111047_Abstrak.pdf] Text
1193111047_Abstrak.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111047_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193111047_Kata_Pengantar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111047_Daftar_Isi.pdf] Text
1193111047_Daftar_Isi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111047_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193111047_Daftar_Tabel.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111047_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193111047_Daftar_Gambar.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111047_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193111047_Daftar_Lampiran.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111047_BAB_I.pdf] Text
1193111047_BAB_I.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 1193111047_BAB_V.pdf] Text
1193111047_BAB_V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1193111047_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193111047_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 107396 Paluh Merbau. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 107396 Paluh Merbau sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes lisan. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN 107396 Paluh Merbau. Hal tersebut terlihat dari perbandingan antara nilai pre test dan post test. Nilai rata-rata pretest siswa sebesar 67,5 nilai rata-rata tersebut berada pada interval 55-69 yang termasuk kedalam kategori rendah. Sedangkan nilai rata-rata posttest siswa sebesar 90,15 yang berada pada interval 85- 100 yang berarti termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kemampuan membaca siswa sebanyak 22,65. Hasil perhitungan uji t diperoleh nilai t Hitung lebih besar dari t Tabel (8,08 > 3,690) pada signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan df= 27. Artinya, Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa penerapan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS) dapat memberi pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 107396 Paluh Merbau

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode SAS dan Keterampilan Membaca Permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 30 May 2024 02:56
Last Modified: 30 May 2024 02:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58157

Actions (login required)

View Item
View Item