Arisandi, Ajeng Saskia (2023) Pengaruh Intensitas Pelatihan Tari Terstruktur Terhadap Kemampuan Menari Di Sanggar Cipta Pesona Batang Kuis. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2181141014 COVER.pdf
Download (82kB)
2. NIM.2181141014 APPROVAL SHEET.pdf
Download (632kB)
3. NIM.2181141014 ABSTRACT.pdf
Download (73kB)
4. NIM.2181141014 PREFACE.pdf
Download (482kB)
5. NIM.2181141014 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (128kB)
6. NIM.2181141014 LIST OF FIGURE.pdf
Download (70kB)
7. NIM.2181141014 LIST OF TABLE.pdf
Download (71kB)
8. NIM.2181141014 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (71kB)
9. NIM.2181141014 CHAPTER I.pdf
Download (351kB)
13. NIM.2181141014 CHAPTER V.pdf
Download (165kB)
14. NIM.2181141014 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (101kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh intensitas pelatihan tari terstruktur terhadap kemampuan menari anak didik di Sanggar Cipta Pesona Batang Kuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, kuantitatif yang dimaksud adalah karena menggunakan hitungan-hitungan yang dihasilkan melalui penyebaran angket pada anak didik untuk menyaring data mengenai pelatihan tari terstruktur yang dilakukan oleh Sanggar Cipta Pesona, setelah mendapatkan hasil kemudian hasil tersebut dinarasikan. Penelitian ini menggunakan teori prinsip pelatihan terstruktur menurut Sujono (1988:11) , dan penilaian kemampuan menari menurut Kusnadi (2009:72). Sampel dalam penelitian ini adalah anak didik Sanggar Cipta Pesona tingkat II yang berjumlah 20 orang dan 1 pelatih. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya perubahan kemampuan menari anak didik di Sanggar Cipta Pesona melalui pelatihan tari terstruktur yang dilakukan secara intens yaitu 3 kali dalam seminggu dengan durasi waktu 2 jam, ditunjukan dengan hasil instrumen penilaian kemampuan menari anak didik secara keseluruhan sebesar 71,3% yang artinya anak didik sanggar Cipta Pesona tingkat II memiliki kemampuan menari kriteria B (baik). Kemudian diketahui nilai t hitung sebesar 5,514, nilai t tabel pada tabel statistik dengan signifikansi 0,05 dengan df = n-2 atau 20-2=18 adalah sebesar 2,101. Karena t hitung 5,514 > t tabel 2,100 maka Ha
diterima yaitu adanya pengaruh pelatihan tari terstruktur terhadap kemampuan menari di Sanggar Cipta Pesona Batang Kuis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pelatihan Tari Terstruktur, Kemampuan Menari |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 29 May 2024 08:12 |
Last Modified: | 29 May 2024 08:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58136 |