Aritonang, Minar Evalina Julianti (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Google Sites Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMP Negeri 16 Medan. Masters thesis, UNIMED.
8216122016_Cover.pdf
Download (84kB)
8216122016_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (437kB)
8216122016_Abstrak.pdf
Download (291kB)
8216122016_Kata_Pengantar.pdf
Download (158kB)
8216122016_Daftar_Isi.pdf
Download (217kB)
8216122016_Daftar_Tabel.pdf
Download (166kB)
8216122016_Daftar_Gambar.pdf
Download (138kB)
8216122016_Daftar_Lampiran.pdf
Download (128kB)
8216122016_BAB_I.pdf
Download (611kB)
8216122016_BAB_V.pdf
Download (89kB)
8216122016_Daftar_Pustaka.pdf
Download (282kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis google sites. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 16 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 68 orang siswa yang terdiri dari 34 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis google sites dan 34 orang siswa sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point. Hasil penelitian uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar informatika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis google sites dengan hasil belajar informatika yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point. Hal ini ditunjukan dengan perolehan data yaitu = 3,77 sedangkan = 1,77 dengan dk = + pada taraf signifikan α = 0,05. Disimpulkan efektifitas penggunaan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis google sites sebesar 77,05% sedangkan efektifitas penggunaan media pembelajaran power point sebesar 71,32%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Ari p |
Keywords: | media pembelajaran berdiferensiasi berbasis google sites, media pembelajaran power point, hasil belajar Informatika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 28 May 2024 06:17 |
Last Modified: | 28 May 2024 06:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58063 |