Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Google Sites Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMP Negeri 16 Medan

Aritonang, Minar Evalina Julianti (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Google Sites Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Informatika Di SMP Negeri 16 Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216122016_Cover.pdf] Text
8216122016_Cover.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 8216122016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216122016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 8216122016_Abstrak.pdf] Text
8216122016_Abstrak.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 8216122016_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216122016_Kata_Pengantar.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 8216122016_Daftar_Isi.pdf] Text
8216122016_Daftar_Isi.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 8216122016_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216122016_Daftar_Tabel.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 8216122016_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216122016_Daftar_Gambar.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 8216122016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216122016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 8216122016_BAB_I.pdf] Text
8216122016_BAB_I.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 8216122016_BAB_V.pdf] Text
8216122016_BAB_V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 8216122016_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216122016_Daftar_Pustaka.pdf

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis google sites. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 16 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 68 orang siswa yang terdiri dari 34 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis google sites dan 34 orang siswa sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point. Hasil penelitian uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar informatika siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis google sites dengan hasil belajar informatika yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran power point. Hal ini ditunjukan dengan perolehan data yaitu = 3,77 sedangkan = 1,77 dengan dk = + pada taraf signifikan α = 0,05. Disimpulkan efektifitas penggunaan media pembelajaran berdiferensiasi berbasis google sites sebesar 77,05% sedangkan efektifitas penggunaan media pembelajaran power point sebesar 71,32%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Ari p
Keywords: media pembelajaran berdiferensiasi berbasis google sites, media pembelajaran power point, hasil belajar Informatika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 28 May 2024 06:17
Last Modified: 28 May 2024 06:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58063

Actions (login required)

View Item
View Item