HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Lisya, Nurul (2024) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1191151011_Cover.pdf] Text
1191151011_Cover.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 1191151011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191151011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of 1191151011_Abstrak.pdf] Text
1191151011_Abstrak.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of 1191151011_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191151011_Kata_Pengantar.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 1191151011_Daftar_Isi.pdf] Text
1191151011_Daftar_Isi.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 1191151011_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191151011_Daftar_Tabel.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 1191151011_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191151011_Daftar_Gambar.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 1191151011_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191151011_Daftar_Lampiran.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of 1191151011_BAB_I.pdf] Text
1191151011_BAB_I.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of 1191151011_BAB_V.pdf] Text
1191151011_BAB_V.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 1191151011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191151011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (195kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Metode dalam penelitian ini adalah kuantiatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan teknik simple random sampling. Banyak sampel dalam penelitian ini adalah 52 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner angket. Validitas serta reliabilitas instrument diperoleh dengan product moment dan alpha croubach. Uji korelasi menggunakan rumus product moment dari pearson dengan bantuan SPSS25 for windows. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa analisis nilai koefisien korelasi (r) antara konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar yakni 0,836 dengan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,699 serta nilai signifikan 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis penelitian diterima yakni ada hubungan yang signifikan dan positif antara konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Artinya semakin tinggi konsep diri siswa, maka akan semakin tinggi regulasi diri dalam belajar siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Konsep Diri, Regulasi Diri Dalam Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 27 May 2024 03:27
Last Modified: 27 May 2024 03:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57817

Actions (login required)

View Item
View Item