Lisya, Nurul (2024) HUBUNGAN KONSEP DIRI DENGAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 5 MEDAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.
1191151011_Cover.pdf
Download (43kB)
1191151011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (266kB)
1191151011_Abstrak.pdf
Download (245kB)
1191151011_Kata_Pengantar.pdf
Download (264kB)
1191151011_Daftar_Isi.pdf
Download (166kB)
1191151011_Daftar_Tabel.pdf
Download (111kB)
1191151011_Daftar_Gambar.pdf
Download (109kB)
1191151011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (33kB)
1191151011_BAB_I.pdf
Download (458kB)
1191151011_BAB_V.pdf
Download (203kB)
1191151011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (195kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Metode dalam penelitian ini adalah kuantiatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan teknik simple random sampling. Banyak sampel dalam penelitian ini adalah 52 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner angket. Validitas serta reliabilitas instrument diperoleh dengan product moment dan alpha croubach. Uji korelasi menggunakan rumus product moment dari pearson dengan bantuan SPSS25 for windows. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa analisis nilai koefisien korelasi (r) antara konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar yakni 0,836 dengan koefisien determinasi ( ) sebesar 0,699 serta nilai signifikan 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut maka hipotesis penelitian diterima yakni ada hubungan yang signifikan dan positif antara konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 5 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 dengan tingkat hubungan sangat kuat. Artinya semakin tinggi konsep diri siswa, maka akan semakin tinggi regulasi diri dalam belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Konsep Diri, Regulasi Diri Dalam Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:27 |
Last Modified: | 27 May 2024 03:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57817 |