PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERITA RAKYAT BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BINJAI T.P. 2022/2023

Marlia, Cory (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERITA RAKYAT BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BINJAI T.P. 2022/2023. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216192018_Cover.pdf] Text
8216192018_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 8216192018_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216192018_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216192018_Abstrak.pdf] Text
8216192018_Abstrak.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 8216192018_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216192018_Kata_Pengantar.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 8216192018_Daftar_Isi.pdf] Text
8216192018_Daftar_Isi.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 8216192018_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216192018_Daftar_Tabel.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 8216192018_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216192018_Daftar_Gambar.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 8216192018_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216192018_Daftar_Lampiran.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of 8216192018_BAB_I.pdf] Text
8216192018_BAB_I.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 8216192018_BAB_V.pdf] Text
8216192018_BAB_V.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 8216192018_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216192018_Daftar_Pustaka.pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis pembelajaran berdiferensisasi untuk Kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal, dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 87,5 dengan kategori “Sangat baik”. Untuk penilaian kegrafikan oleh ahli desain diperoleh rata-rata 88,7% dengan kategori “sangat baik”. Uji coba produk dilakukan dalam tiga tahap: pengujian individual, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan terbatas. Uji coba individu dengan rata-rata 86 % dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 87,4 % dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 88,3% dengan kategori sangat baik. Efektivitas bahan ajar diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretest dan posttest. skor rata-rata pada pretest 52 dan pada posttest 76. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar cerita rakyat berbasis pembelajaran berbasis diferensisasi layak, sistematis dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas untuk Kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Penelitian ini berimpilkasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu bahan ajar berbasis pembelajaran berdiferensisasi yang dikembangkan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, bahan ajar berupa modul ini dapat menjadi bahan ajar tambahan untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi cerita rakyat yang diajarkan, memperkaya dan menambah pengetahuan siswa tentang cerita rakyat sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan memotivasi siswa, melatih siswa belajar mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 808.81 Mar p
Keywords: bahan ajar, cerita rakyat, berdiferensiasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 May 2024 03:17
Last Modified: 27 May 2024 03:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57807

Actions (login required)

View Item
View Item