Marlia, Cory (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS CERITA RAKYAT BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 BINJAI T.P. 2022/2023. Masters thesis, UNIMED.
8216192018_Cover.pdf
Download (62kB)
8216192018_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (1MB)
8216192018_Abstrak.pdf
Download (316kB)
8216192018_Kata_Pengantar.pdf
Download (121kB)
8216192018_Daftar_Isi.pdf
Download (335kB)
8216192018_Daftar_Tabel.pdf
Download (175kB)
8216192018_Daftar_Gambar.pdf
Download (172kB)
8216192018_Daftar_Lampiran.pdf
Download (177kB)
8216192018_BAB_I.pdf
Download (481kB)
8216192018_BAB_V.pdf
Download (220kB)
8216192018_Daftar_Pustaka.pdf
Download (254kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis pembelajaran berdiferensisasi untuk Kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal, dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 87,5 dengan kategori “Sangat baik”. Untuk penilaian kegrafikan oleh ahli desain diperoleh rata-rata 88,7% dengan kategori “sangat baik”. Uji coba produk dilakukan dalam tiga tahap: pengujian individual, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan terbatas. Uji coba individu dengan rata-rata 86 % dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 87,4 % dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 88,3% dengan kategori sangat baik. Efektivitas bahan ajar diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretest dan posttest. skor rata-rata pada pretest 52 dan pada posttest 76. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar cerita rakyat berbasis pembelajaran berbasis diferensisasi layak, sistematis dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas untuk Kelas X SMK Negeri 2 Binjai. Penelitian ini berimpilkasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu bahan ajar berbasis pembelajaran berdiferensisasi yang dikembangkan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, bahan ajar berupa modul ini dapat menjadi bahan ajar tambahan untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi cerita rakyat yang diajarkan, memperkaya dan menambah pengetahuan siswa tentang cerita rakyat sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan memotivasi siswa, melatih siswa belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 808.81 Mar p |
Keywords: | bahan ajar, cerita rakyat, berdiferensiasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) P Language and Literature > PN Literature (General) P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 May 2024 03:17 |
Last Modified: | 27 May 2024 03:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57807 |