Tampubolon, Arion (2023) Aransemen Lagu Rayuan Pulau Kelapa Pada Pembelajaran Paduan Suara Di SMP Negeri 1 Babalan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2193342005 COVER.pdf
Download (85kB)
2. NIM.2193342005 APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. NIM.2193342005 ABSTRACT.pdf
Download (120kB)
4. NIM.2193342005 PREFACE.pdf
Download (171kB)
5. NIM.2193342005 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (84kB)
6. NIM.2193342005 LIST OF FIGURE.pdf
Download (55kB)
7. NIM.2193342005 LIST OF TABLE.pdf
Download (55kB)
8. NIM.2193342005 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (55kB)
9. NIM.2193342005 CHAPTER I.pdf
Download (552kB)
13. NIM.2193342005 CHAPTER V.pdf
Download (83kB)
14. NIM.2193342005 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (233kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk komposisi aransemen lagu rayuan pulau kelapa pada pembelajaran paduan suara di SMP NEGERI 1 Babalan,dan untuk memahami metode yang digunakan dalam penerapan aransemen lagu rayuan pulau kelapa pada pembelajaran paduan suara di SMP NEGERI 1 Babalan . Teori yang digunakan adalah teori aransemen, lagu rayuan pulau kelapa, dan pembelajaran paduan suara . Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 1 Babalan Pangkalan Brandan. Waktu penelitian dilaksanakan pada April – Juni 2023. Sampel dari penelitian ini adalah siswi bersuara sopran berjumlah 2 orang, alto 2 orang, dan siswa tenor berjumlah 2 orang. Penulis juga menambahkan 1 orang guru sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Bentuk komposisi aransemen lagu rayuan pulau kelapa pada pembelajaran paduan suara di SMP Negeri 1 Babalan disusun dalam bentuk format paduan suara dengan 3 jalur paduan
suara campuran. Lagu rayuan pulau kelapa ini diaransemen oleh Randy Pratama M. Penggunaan aransemen 3 suara ini meliputi jalur suara sopran, jalur suara alto, dan jalur suara tenor. Bentuk komposisi aransemen ini tidak menggunakan suara bass dikarenakan pada rentang usia siswa SMP, tidak memiliki suara karakter bass akibat suara pria yang belum matang pada tingkatan SMP; (2) Penerapan metode
pembelajaran demonstrasi dilakukan dengan guru pembina mengajarkan langsung, dan mempraktikkan cara bernyanyi pada masing-masing kelompok kategori jalur suara yakni sopran, alto, dan tenor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Aransemen, Paduan Suara, lagu, pembelajaran Rayuan Pulau Kelapa |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music > M5 Instrumental music > M1000 Orchestra M Music and Books on Music > MT Instruction and study |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 24 May 2024 14:34 |
Last Modified: | 24 May 2024 14:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57683 |