Samosir, Yuni (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN VIDEO DI KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311039_Cover.pdf
Download (48kB)
4193311039_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (509kB)
4193311039_Abstrak.pdf
Download (165kB)
4193311039_Kata_Pengantar.pdf
Download (179kB)
4193311039_Daftar_Isi.pdf
Download (197kB)
4193311039_BAB_I.pdf
Download (518kB)
4193311039_BAB_V.pdf
Download (63kB)
4193311039_Daftar_Pustaka.pdf
Download (70kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana model kooperatif tipe think pair share berbantuan video dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII-A SMP Negeri 37 Medan. (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan video di kelas III-A SMP Negeri 37 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Subjek pada penelitian ini adalah siswa III-A SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 30 siswa dan objek pada penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan video pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat meningkat setelah dilakukan pembelajaran kooperatif think-pair-share berbantuan video. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada tes awal sebesar 3,33% (1 siswa tuntas) meningkat menjadi 46,67% (14 siswa tuntas) pada siklus II; (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari sebelum diberikan pembelajaran melalui model pembelajaran think pair share berbantuan video dari pembelajaran siklus I ke siklus II termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain 0.48. Hasil observasi guru meningkat dari siklus I ke siklus II dari 79.82% menjadi 85,08%. Dengan demikian, siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran melalui model think pair share berbantuan video sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Sam u |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Think pair share; Video; Media pembelajaran; Pemecahan masalah matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 May 2024 09:58 |
Last Modified: | 22 May 2024 09:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57627 |