UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN VIDEO DI KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN

Samosir, Yuni (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE TPS BERBANTUAN VIDEO DI KELAS VIII SMP NEGERI 37 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311039_Cover.pdf] Text
4193311039_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4193311039_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311039_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of 4193311039_Abstrak.pdf] Text
4193311039_Abstrak.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 4193311039_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311039_Kata_Pengantar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4193311039_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311039_Daftar_Isi.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 4193311039_BAB_I.pdf] Text
4193311039_BAB_I.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of 4193311039_BAB_V.pdf] Text
4193311039_BAB_V.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 4193311039_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311039_Daftar_Pustaka.pdf

Download (70kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana model kooperatif tipe think pair share berbantuan video dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII-A SMP Negeri 37 Medan. (2) mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan video di kelas III-A SMP Negeri 37 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research). Subjek pada penelitian ini adalah siswa III-A SMP Negeri 37 Medan yang berjumlah 30 siswa dan objek pada penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan video pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi aktivitas guru dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat meningkat setelah dilakukan pembelajaran kooperatif think-pair-share berbantuan video. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan klasikal kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada tes awal sebesar 3,33% (1 siswa tuntas) meningkat menjadi 46,67% (14 siswa tuntas) pada siklus II; (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari sebelum diberikan pembelajaran melalui model pembelajaran think pair share berbantuan video dari pembelajaran siklus I ke siklus II termasuk dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain 0.48. Hasil observasi guru meningkat dari siklus I ke siklus II dari 79.82% menjadi 85,08%. Dengan demikian, siswa memiliki respon positif terhadap pembelajaran melalui model think pair share berbantuan video sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sam u
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Think pair share; Video; Media pembelajaran; Pemecahan masalah matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2024 09:58
Last Modified: 22 May 2024 09:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57627

Actions (login required)

View Item
View Item