HUBUNGAN PEMBENTUKAN KELOMPOK BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS SMAN 8 MEDAN T.A 2022/2023

Zahra, Alvina (2023) HUBUNGAN PEMBENTUKAN KELOMPOK BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPS SMAN 8 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1192451007_Cover.pdf] Text
1192451007_Cover.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 1192451007_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1192451007_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 1192451007_Abstrak.pdf] Text
1192451007_Abstrak.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 1192451007_Kata_Pengantar.pdf] Text
1192451007_Kata_Pengantar.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 1192451007_Daftar_Isi.pdf] Text
1192451007_Daftar_Isi.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 1192451007_Daftar_Tabel.pdf] Text
1192451007_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1192451007_Daftar_Gambar.pdf] Text
1192451007_Daftar_Gambar.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of 1192451007_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1192451007_Daftar_Lampiran.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1192451007_BAB_I.pdf] Text
1192451007_BAB_I.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of 1192451007_BAB_V.pdf] Text
1192451007_BAB_V.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 1192451007_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1192451007_Daftar_Pustaka.pdf

Download (299kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui “hubungan pembentukan kelompok belajar dengan kemandirian belajar siswa di kelas XI IPS SMAN 8 Medan T.A 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kolerasi. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel sebanyak 70 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Medan. Teknik pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert. Validitas instrument diperoleh dengan rumus product moment correlation, sedangkan reliabilitas instrument diperoleh dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis menggunakan Statistik Korelasi Product Moment untuk menguji hipotesis yang ada dalam penelitian dengan bantuan SPSS 29 for windows. Hasil analisis menunjukkan r = 0,541 dan Rsquare = 0,321 serta nilai signifikan 0,001 (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini dikemukakan hipotesis penelitian “terdapat hubungan pembentukan kelompok belajar dengan kemandirian belajar”. Mengingat hubungan ini positif sebesar .541 maka dapat dikemukakan pembentukan kelompok belajar berhubungan dengan kemandirian belajar siswa di klelas XI SMA Negeri 8 Medan diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembentukan Kelompok Belajar, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 08:49
Last Modified: 22 May 2024 08:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57618

Actions (login required)

View Item
View Item