PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII-I SMP NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN

Aledya, Vivi (2023) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII-I SMP NURUL ISLAM INDONESIA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4182111038_Cover.pdf] Text
4182111038_Cover.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4182111038_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4182111038_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 4182111038_Abstrak.pdf] Text
4182111038_Abstrak.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 4182111038_Kata_Pengantar.pdf] Text
4182111038_Kata_Pengantar.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of 4182111038_Daftar_Isi.pdf] Text
4182111038_Daftar_Isi.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 4182111038_BAB_I.pdf] Text
4182111038_BAB_I.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 4182111038_BAB_V.pdf] Text
4182111038_BAB_V.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4182111038_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4182111038_Daftar_Pustaka.pdf

Download (206kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education serta untuk mengetahui bagaimana proses jawaban siswa dalam menyelesaikan permasalahan pada tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education di kelas VIII-1 SMP Nurul Islam Indonesia Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui tahapan pembelajaran bersiklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Nurul Islam Indonesia Medan yang berjumlah 13 orang dan objek pada penelitian ini adalah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education pada materi statistika. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes, lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana peningkatan yang terjadi pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa saat diterapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education, sedangkan lembar observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran saat diterapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika di kelas VIII-1 SMP Nurul Islam Indonesia Medan, yaitu pada siklus I rata-rata kemampuan siswa hanya 30,76 dengan persentase ketuntasan hanya 8% siswa yang tuntas. Pada siklus II rata-rata kemampuan siswa meningkat menjadi 92,95 dengan persentase keuntasan siswa 100%, sehingga siswa sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu ≥85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematics Education pada materi statistika di kelas VIII-1 SMP Nurul Islam Indonesia Medan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 519.507 12 Ale p
Keywords: Realistic mathematics education; Pemahaman konsep; Statistika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2024 08:09
Last Modified: 22 May 2024 08:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57601

Actions (login required)

View Item
View Item