PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT

Artanti, Vania Dwisaura (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN BERBANTUAN LKPD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 STABAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311034_Cover.pdf] Text
4193311034_Cover.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 4193311034_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311034_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4193311034_Abstrak.pdf] Text
4193311034_Abstrak.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4193311034_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311034_Kata_Pengantar.pdf

Download (538kB)
[thumbnail of 4193311034_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311034_Daftar_Isi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193311034_BAB_I.pdf] Text
4193311034_BAB_I.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of 4193311034_BAB_V.pdf] Text
4193311034_BAB_V.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 4193311034_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311034_Daftar_Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan berbantuan LKPD dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Stabat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau action research yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas 1 pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Stabat yang terdiri dari 36 orang siswa. Objek pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together dengan berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik pada kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Stabat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal berikut: (1) Terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa. Hal ini tampak dengan tercapainya ketuntasan klasikal pada tes awal diperoleh 30,56%, pada tes hasil belajar I meningkat menjadi 61,11% dan pada tes hasil belajar II meningkat menjadi 86,11% sehingga berdasarkan pada hasil analisis data tersebut diperoleh bahwa penelitian ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan. (2) Setelah diterapkannya model pembelajaran Numbered Head Together dengan berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik, hasil belajar matematika siswa telah tuntas secara klasikal menjadi 86,11%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Art p
Keywords: Lembar kerja peserta didik; Numbered head together; Hasil belajar; Pembelajaran kooperatif; Sistem persamaan linear tiga variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 May 2024 04:25
Last Modified: 22 May 2024 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57544

Actions (login required)

View Item
View Item