Sipayung, Melisa Grace (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MEDIA FOCUSKY PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA 3 SMANEGERI 18 MEDAN T.P 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4183341050_Cover.pdf
Download (47kB)
4183341050_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (591kB)
4183341050_Abstrak.pdf
Download (76kB)
4183341050_Kata_Pengantar.pdf
Download (417kB)
4183341050_Daftar_Isi.pdf
Download (116kB)
4183341050_Daftar_Gambar.pdf
Download (53kB)
4183341050_Daftar_Tabel.pdf
Download (54kB)
4183341050_Daftar_Lampiran.pdf
Download (59kB)
4183341050_BAB_I.pdf
Download (276kB)
4183341050_BAB_V.pdf
Download (116kB)
4183341050_Daftar_Pustaka.pdf
Download (160kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui implementasi media Focusky di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 18 Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yakni penelitian yang terdiri dari 2 siklus dimana tiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 31 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan, tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan lembar observasi aktivitas siswa. Dari hasil penelitian, hasil belajar siswa meningkat dari 64,52% pada siklus I menjadi 90,32% pada siklus II. Untuk hasil aktivitas belajar siswa ditemukan peningkatan aktivitas belajar siswa dari 70,16% siklus I menjadi 90,52% pada siklus II. Berdasarkan analisa data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dan aktivitas belajar siswa meningkat. Hal ini berarti belajar menggunakan media Focusky di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 18 Medan T.P 2022/2023 dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar biologi siswa dari siklus I sampai siklus II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi media; Hasil belajar siswa; Materi sistem peredaran darah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:26 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57482 |