PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA

Napitupulu, Rahel Ronauli K. (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131064_Cover.pdf] Text
4203131064_Cover.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of 4203131064_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131064_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of 4203131064_Abstrak.pdf] Text
4203131064_Abstrak.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of 4203131064_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131064_Kata_Pengantar.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of 4203131064_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131064_Daftar_Isi.pdf

Download (714kB)
[thumbnail of 4203131064_Daftar_Tabel.pdf] Text
4203131064_Daftar_Tabel.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 4203131064_Daftar_Gambar.pdf] Text
4203131064_Daftar_Gambar.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 4203131064_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4203131064_Daftar_Lampiran.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 4203131064_BAB_I.pdf] Text
4203131064_BAB_I.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of 4203131064_BAB_V.pdf] Text
4203131064_BAB_V.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4203131064_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131064_Daftar_Pustaka.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad berbantuan Media video terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di SMA. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen two group pretes posttes design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI-IPA1 dan XI-IPA2 yang masing-masing terdiri dari 31 siswa. Kelas XI-IPA1 merupakan kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad. Sedangkan kelas XI-IPA2 adalah kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non-tes dan tes. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui pengetahuan siswa ranah kognitif, sebanyak 20 butir soal dengan empat pilihan yang sudah diuji kelayakannya. Instrumen non tes yang digunakan yaitu angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Data pretest dan postes hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 40,5 dan 84,5 sedangkan data kelas kontrol adalah 40,7 dan 67,5. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 75% dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 47% masing-masing dengan kategori sedang. Terdapat hubungan korelasi positif antara kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yaitu 0,635 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran kooperatif tipe stad, hasil belajar, kemandirian belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 22 May 2024 02:15
Last Modified: 22 May 2024 02:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57481

Actions (login required)

View Item
View Item