Napitupulu, Rahel Ronauli K. (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131064_Cover.pdf
Download (262kB)
4203131064_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (561kB)
4203131064_Abstrak.pdf
Download (274kB)
4203131064_Kata_Pengantar.pdf
Download (499kB)
4203131064_Daftar_Isi.pdf
Download (714kB)
4203131064_Daftar_Tabel.pdf
Download (368kB)
4203131064_Daftar_Gambar.pdf
Download (363kB)
4203131064_Daftar_Lampiran.pdf
Download (249kB)
4203131064_BAB_I.pdf
Download (611kB)
4203131064_BAB_V.pdf
Download (248kB)
4203131064_Daftar_Pustaka.pdf
Download (476kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Stad berbantuan Media video terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi di SMA. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuasi eksperimen two group pretes posttes design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI-IPA1 dan XI-IPA2 yang masing-masing terdiri dari 31 siswa. Kelas XI-IPA1 merupakan kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad. Sedangkan kelas XI-IPA2 adalah kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non-tes dan tes. Instrumen tes digunakan untuk mengetahui pengetahuan siswa ranah kognitif, sebanyak 20 butir soal dengan empat pilihan yang sudah diuji kelayakannya. Instrumen non tes yang digunakan yaitu angket untuk mengukur kemandirian belajar siswa. Data pretest dan postes hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 40,5 dan 84,5 sedangkan data kelas kontrol adalah 40,7 dan 67,5. Persentase peningkatan N-gain hasil belajar siswa pada kelas eksperimen 75% dengan kategori tinggi dan kelas kontrol 47% masing-masing dengan kategori sedang. Terdapat hubungan korelasi positif antara kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa yaitu 0,635 dengan kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe stad, hasil belajar, kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 22 May 2024 02:15 |
Last Modified: | 22 May 2024 02:15 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57481 |