Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Paire Share (TPS) dan Student Teams Achievement Division (STAD) di MAS Al-Washliyah 22 Tembung

Ritonga, Ade Irfan (2023) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Paire Share (TPS) dan Student Teams Achievement Division (STAD) di MAS Al-Washliyah 22 Tembung. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216172005_Cover.pdf] Text
8216172005_Cover.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 8216172005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216172005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 8216172005_Abstrak.pdf] Text
8216172005_Abstrak.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 8216172005_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216172005_Kata_Pengantar.pdf

Download (359kB)
[thumbnail of 8216172005_Daftar_Isi.pdf] Text
8216172005_Daftar_Isi.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 8216172005_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216172005_Daftar_Tabel.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 8216172005_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216172005_Daftar_Gambar.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 8216172005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216172005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 8216172005_BAB_I.pdf] Text
8216172005_BAB_I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8216172005_BAB_V.pdf] Text
8216172005_BAB_V.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 8216172005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216172005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (455kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diberi model pembelajaran Think Paire Share (TPS) dan Student Teams Achievement Division (STAD)? 2) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberi model pembelajaran Think Paire Share (TPS) dan Student Teams Achievement Division (STAD)? 3) Bagaimana proses jawaban siswa yang diberi model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi model pembelajaran inkuiri? Jenis penelitian adalah eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MAS Al-Washliyah 22 Tembung dengan sampel X MIA-1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi siswa. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh lebih signifikan dibandingkan Pengaruh Think Paire Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. 2) Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) berpengaruh lebih signifikan dibandingkan pengaruh pembelajaran Think Paire Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. 3) Tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih lengkap dibanding dengan pembelajaran Think Paire Share (TPS).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 511.807 2 Rit p
Keywords: Pemecahan Masalah, Komunikasi Matematis, Think Paire Share (TPS), Student Teams Achievement Division (STAD)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 22 May 2024 02:00
Last Modified: 22 May 2024 02:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57470

Actions (login required)

View Item
View Item