Nasution, Abdul Aziz (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Google Sites dan Gaya Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SD Negeri 067251 Medan Deli. Masters thesis, UNIMED.
8216181013_Cover.pdf
Download (116kB)
8216181013_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (895kB)
8216181013_Abstrak.pdf
Download (229kB)
8216181013_Kata_Pengantar.pdf
Download (189kB)
8216181013_Daftar_Isi.pdf
Download (117kB)
8216181013_Daftar_Tabel.pdf
Download (100kB)
8216181013_Daftar_Gambar.pdf
Download (82kB)
8216181013_Daftar_Lampiran.pdf
Download (83kB)
8216181013_BAB_I.pdf
Download (328kB)
8216181013_BAB_V.pdf
Download (163kB)
8216181013_Daftar_Pustaka.pdf
Download (350kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan literasi sains siswa, pengaruh gaya belajar siswa terhadap kemampuan literasi sains siswa, dan interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan literasi sains siswa SD Negeri 067251 Medan Deli. Jenis penelitan ini adalah Quasi-Experimental design dengan Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067251 Medan Deli, dengan teknik pengambilan sampel, totaling sampel, seluruh populasi dijadikan sampel. Instrumen penelitian berupa angket gaya belajar dan tes literasi sains. Kedua data penlitian berdistribusi normal dengan perolehan nilai sig. 0.266 > 0.05 pada kelas eksperimen dan sig. 0.113 > 0.05 pada kelas kontrol. kedua data juga berasal dari varians yang sama atau homogen dengan perolehan nilai sig. 0.283 > 0.05. Data yang dipeorleh dianalisis menggunakan Two Way Anova dengan bantuan program IBM SPSS verison 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan literasi sains siswa (sig. 0,00 < 0,05), terdapat pengaruh gaya belajar siswa terhadap kemampuan literasi sains siswa (sig. 0,014 < 0,05), dan terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan gaya belajar terhadap kemampuan literasi sains siswa SD Negeri 067251 Medan Deli (sig. 0,043 < 0,05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Nas p |
Keywords: | Problem Based Learning, Gaya Belajar, Literasi Sains. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 22 May 2024 01:54 |
Last Modified: | 22 May 2024 01:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57467 |