PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI MAN 1 MEDAN

Amanda, Semi Syaina (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI MAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311005_Cover.pdf] Text
4193311005_Cover.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4193311005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 4193311005_Abstrak.pdf] Text
4193311005_Abstrak.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 4193311005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311005_Kata_Pengantar.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4193311005_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311005_Daftar_Isi.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of 4193311005_BAB_I.pdf] Text
4193311005_BAB_I.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4193311005_BAB_V.pdf] Text
4193311005_BAB_V.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 4193311005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa setelah diterapkan pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Talk Write. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 di kelas XI MIA 3 MAN 1 Medan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 MAN 1 Medan yang berjumlah 39 siswa. Sementara objek pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus dimana setiap siklus terdiri atas 2 pertemuan. Siswa diberikan tes kemampuan awal pada awal pertemuan dan tes kemampuan komunikasi matematis di setiap akhir siklus. Hasil pada tes kemampuan komunikasi matematis siswa mengalami peningkatan dari hasil tes awal maupun tes yang diberikan pada siklu-I serta siklus-II. Pada tes kemampuan awal secara klasikal didapat 1 siswa (2,5%) yang tuntas dengan perolehan rata-rata 56 yang didapat dengan kategori rendah. Pada tes siklus-I terjadi kenaikan secara klasikal terdapat 10 siswa (25,6%) yang tutas dengan perolehan rata-rata yang didapat 67,9 dengan kategori sedang. Pada tes siklus-II juga terjadi kenaikan secara klasikal terdapat 33 siswa (84,6%) yang tuntas dengan perolehan rata-rata yang didapat 86,9 dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI MIA 3 MAN 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Ama p
Keywords: Pembelajaraan kooperatif; Think talk write; Komunikasi matematis; Program linier
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 09:18
Last Modified: 21 May 2024 09:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57437

Actions (login required)

View Item
View Item