PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA SWASTA IMELDA MEDAN

Rangkuti, Yuniar Lestari (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193321030_Cover.pdf] Text
4193321030_Cover.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4193321030_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193321030_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4193321030_Abstrak.pdf] Text
4193321030_Abstrak.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4193321030_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193321030_Kata_Pengantar.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of 4193321030_Daftar_Isi.pdf] Text
4193321030_Daftar_Isi.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 4193321030_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193321030_Daftar_Tabel.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of 4193321030_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193321030_Daftar_Gambar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4193321030_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193321030_Daftar_Lampiran.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 4193321030_BAB_I.pdf] Text
4193321030_BAB_I.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 4193321030_BAB_V.pdf] Text
4193321030_BAB_V.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4193321030_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193321030_Daftar_Pustaka.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi Fluida Statis dan menganalisis e-modul dengan uji validitas, efektivitas dan respon. Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) Borg and Gall berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh Sugiyono. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini dilakukan dari tahap 1 hingga tahap 7 yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain produk, uji coba produk, produk akhir. Teknik Pengumpulan data berupa angket validitas, respon siswa dan serta tes hasil belajar berupa pre-test dan post-tes. Subjek penelitian ini meliputi dua dosen fisika sebagai validator, serta guru fisika sebagai validator dan peserta didik kelas XI SMA Swasta Imelda Medan. Hasil penelitian berupa tingkat validitas diperoleh persentase rata-rata 94% dengan kategori sangat valid, uji coba efektifitas kelompok kecil 76% dan 64% pada uji coba kelompok besar. Sedangkan, tingkat respon siswa terhadap E-Modul diperoleh rata-rata 86% dengan kriteria sangat baik. E-modul berbasis Problem Based Learning pada materi fluida statis dinyatakan valid, cukup efektif dan sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul, Problem Based Learning, Fluida Statis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 21 May 2024 07:18
Last Modified: 21 May 2024 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57361

Actions (login required)

View Item
View Item