Rangkuti, Yuniar Lestari (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FLUIDA STATIS DI SMA SWASTA IMELDA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193321030_Cover.pdf
Download (35kB)
4193321030_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
4193321030_Abstrak.pdf
Download (60kB)
4193321030_Kata_Pengantar.pdf
Download (549kB)
4193321030_Daftar_Isi.pdf
Download (249kB)
4193321030_Daftar_Tabel.pdf
Download (195kB)
4193321030_Daftar_Gambar.pdf
Download (200kB)
4193321030_Daftar_Lampiran.pdf
Download (118kB)
4193321030_BAB_I.pdf
Download (216kB)
4193321030_BAB_V.pdf
Download (134kB)
4193321030_Daftar_Pustaka.pdf
Download (277kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis Problem Based Learning pada materi Fluida Statis dan menganalisis e-modul dengan uji validitas, efektivitas dan respon. Jenis penelitian ini yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) Borg and Gall berdasarkan modifikasi yang dikembangkan oleh Sugiyono. Adapun tahapan-tahapan dalam penelitian ini dilakukan dari tahap 1 hingga tahap 7 yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain produk, uji coba produk, produk akhir. Teknik Pengumpulan data berupa angket validitas, respon siswa dan serta tes hasil belajar berupa pre-test dan post-tes. Subjek penelitian ini meliputi dua dosen fisika sebagai validator, serta guru fisika sebagai validator dan peserta didik kelas XI SMA Swasta Imelda Medan. Hasil penelitian berupa tingkat validitas diperoleh persentase rata-rata 94% dengan kategori sangat valid, uji coba efektifitas kelompok kecil 76% dan 64% pada uji coba kelompok besar. Sedangkan, tingkat respon siswa terhadap E-Modul diperoleh rata-rata 86% dengan kriteria sangat baik. E-modul berbasis Problem Based Learning pada materi fluida statis dinyatakan valid, cukup efektif dan sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul, Problem Based Learning, Fluida Statis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:18 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57361 |