Nakami, Sherrindi (2023) Meningkatkan Self Awareness Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Johari Window Pada Siswa Kelas XI MIA MAN 1 MEDAN T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 1183351009 COVER.pdf
Download (5MB)
2. NIM 1183351009 APPROVALSHEET.pdf
Download (2MB)
3. NIM 1183351009 ABSTRACT.pdf
Download (180kB)
4. NIM 1183351009 PREFACE.pdf
Download (254kB)
5. NIM 1183351009 CONTENTS.pdf
Download (122kB)
6. NIM 1183351009 TABLES.pdf
Download (88kB)
7. NIM 1183351009 PICTURES.pdf
Download (87kB)
8. NIM 1183351009 APPENDICES.pdf
Download (89kB)
9. NIM 1183351009 CHAPTER I.pdf
Download (577kB)
13. NIM 1183351009 CHAPTER V.pdf
Download (116kB)
14. NIM 1183351009 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (372kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran self awareness siswa dan untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok teknik johari window dapat meningkatkan self awareness pada siswa kelas XI MIA MAN 1 Medan T.A 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Instrumen dalam pelaksanaan penelitian ini menggunakan pedoman observasi pelaksanaan bimbingan kelompok, observasi aktivitas siswa, dan observasi self awareness siswa, serta angket self awareness dengan empat alternatif jawaban yaitu Sangat Setuju (SS), Setuju (S), Kurang Setuju (KS), dan Tidak Setuju (TS). Subjek dalam penelitian ini adalah 11 orang siswa kelas XI MIA 1 yang memiliki tingkat self awareness rendah. Hasil uji validitas
menggunakan perhitungan korelasi product moment dengan signifikan 0,05, dan jumlah responden 36 siswa, maka diperoleh dari 40 item pernyataan terdapat 30 item valid dan 10 item tidak valid, item pernyataan yang tidak valid tersebut kemudian diperbaiki untuk digunakan kembali sehingga jumlah item yang digunakan untuk mengukur tingkat self awareness siswa jumlahnya tetap 40 item pernyataan. Hasil reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha diperoleh
0,80 dengan signifikansi sebesar 5% kemudian dibandingkan dengan indeks korelasi termasuk dalam kategori tinggi. Data hasil perhitungan pra-siklus diperoleh rata-rata skor 97,5 atau sama dengan 60,96% dalam kategori rendah, kemudian hasil perhitungan siklus I diperoleh rata-rata skor 112 atau sama dengan 70,11% dalam kategori sedang dengan persentase kenaikan sebesar 12,2%, dan hasil perhitungan siklus II diperoleh rata-rata skor 131,5 atau sama dengan 82%
dalam kategori tinggi, maka terjadi peningkatan self awareness siswa sebesar 12%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok teknik johari window dapat meningkatkan self awareness siswa kelas XI MIA 1 MAN 1
Medan T.A 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Bimbingan Kelompok; Johari Window; Self Awareness |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 21 May 2024 07:37 |
Last Modified: | 21 May 2024 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57340 |