PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MMP (MISSOURI MATHEMATICS PROJECT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS IX SMP

Hutagaol, Miranda Agnes Sani (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MMP (MISSOURI MATHEMATICS PROJECT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS IX SMP. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111077_Cover.pdf] Text
4193111077_Cover.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4193111077_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111077_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of 4193111077_Abstrak.pdf] Text
4193111077_Abstrak.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 4193111077_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111077_Kata_Pengantar.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 4193111077_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111077_Daftar_Isi.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 4193111077_BAB_I.pdf] Text
4193111077_BAB_I.pdf

Download (959kB)
[thumbnail of 4193111077_BAB_V.pdf] Text
4193111077_BAB_V.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4193111077_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111077_Daftar_Pustaka.pdf

Download (144kB)

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan penerapan model pembelajaran MMP (Missouri Mathematics Project) kelas IX C SMP N 37 Medan T.A. 2023-2024. Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Sebanyak 32 siswa kelas IX-C SMP Negeri 37 Medan menjadi peserta penelitian. Penelitian ini merupakan bagian dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus mempunyai dua sesi. Keberhasilan penelitian ini ditentukan oleh terpenuhinya indikator keberhasilan sebagai berikut : (1) ketuntasan belajar individu (2) ketuntasan belajar secara klasikal. Dimulai dari tes awal, tes siklus I dan tes siklus II, sehingga dilihat hasil tes kemampuan pemecahan masalah meningkat. Rata-rata nilai siswa dalam menyelesaikan tes awal adalah 43,75 pada kategori sangat buruk. Persentase siswa yang tuntas pada bagian klasikal meningkat pada siklus I menjadi 65,625% dengan nilai rata-rata 70,60 yang termasuk dalam kategori rendah. Siklus II tingkat ketuntasan klasikal sebesar 90,625% melalui nilai rata-rata sebesar 85,74 dengan kategori baik. Hasil N-gain I sebesar 0,4 dan N-gain II sebesar 0,5 termasuk dalam kelompok sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model MMP (Missouri Mathematics Project) dapat membantu siswa menjadi lebih baik dalam menyelesaikan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Hut p
Keywords: Pemecahan masalah matematis; Missouri mathematics project; Persamaan kuadrat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 May 2024 04:58
Last Modified: 07 Jun 2024 03:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57289

Actions (login required)

View Item
View Item