Pengembangan Model Total Quality Management In Islamic Education (TQM-IE) Pada Pesantren Tradisional (Dayah Salafiyah) di Propinsi Aceh

Zahraini (2023) Pengembangan Model Total Quality Management In Islamic Education (TQM-IE) Pada Pesantren Tradisional (Dayah Salafiyah) di Propinsi Aceh. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166113006 COVER.pdf] Text
1. NIM. 8166113006 COVER.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 2. NIM. 8166113006 ABSTRAK.pdf] Text
2. NIM. 8166113006 ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of 3. NIM. 8166113006 KATA PENGANTAR.pdf] Text
3. NIM. 8166113006 KATA PENGANTAR.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 4.  NIM. 8166113006 DAFTAR ISI.pdf] Text
4. NIM. 8166113006 DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of 5.  NIM. 8166113006 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
5. NIM. 8166113006 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (483kB)
[thumbnail of 6.  NIM. 8166113006 DAFTAR TABEL.pdf] Text
6. NIM. 8166113006 DAFTAR TABEL.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of 7.  NIM. 8166113006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
7. NIM. 8166113006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 9.  NIM. 8166113006 BAB I.pdf] Text
9. NIM. 8166113006 BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 13. NIM. 8166113006  BAB V.pdf] Text
13. NIM. 8166113006 BAB V.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 14.  NIM. 8166113006 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. NIM. 8166113006 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk: (1) Menemukan karakteristik dari model manajemen Total Quality Management In Islamic Education (TQM-IE), (2) Menguji kelayakan model manajemen Total Quality Management In Islamic Education (TQM-IE), (3) Menguji efektivitas dari manajemen Total Quality Management In Islamic Education (TQM-IE) Pada Pesantren Tradisional. Jenis Penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall (2007). Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (1) Karakteristik dari model manajemen Total Quality Management In Islamic Education (TQM-IE) yaitu: a)Functionality, b) Reliability, c) Usability, d)Eficiency, e) Adaptable, f) Fashionable, dan g) Maitainability. 2) kelayakan model Total Quality Management In Islamic ducation (TQM-IE), yaitu Kelayakan model manajemen pengembangan M2P2TQM-IE Propinsi Aceh yang layak adalah model yang dirancang berdasarkan analisis komparatif model manajemen pendidikan pesantren tradisional di Propinsi Aceh. Model ini layak karena adanya dukungan unsur-unsur TQM-IE dan telah diuji kevalidanya oleh pakar dan praktisi, komponen –komponennya dengan skor rerata 75.18% dengan kategori layak; dan (3)Tingkat efektivitas model TQM-IE pada pesantren tradisional di Propinsi Aceh sangat efektif. Berdasarkan hasil ujicoba luas(operasional) di lanjutkan dengan engujian t berpasangan. rata-rata skor sesudah treatment ( 91,23) lebih besar dibandingan sebelum treatment (57,92) sebelum diberikan perlakuan, terdapat perbedaan sebesar 33,31. Dari Hasil Uji t didapatkan bahwa nilai t-hitung adalah -11.884 dengan p-value sebesar 0.000.Maka dengan alpha 0.05 dan daerah penolakan p-value < α, dapat dikatkan bahwa perbedaan skor yang terdapat pada saat sesudah treatment dan sebelum treatment adalah signifikan, karena memiliki nilai p-value kecil dari 0,05. Pada hasil uji mutu (Perception Quality) diperoleh hasil rata-rata skor sesudah treatment (4,51) lebih besar dibandingan dengan bahwa rata-rata skor sebelum treatment (3,59) dengan perbedaan sebesar 1,01. Dari Hasil Uji t didapatkan bahwa nilai t-hitung adalah -125.003 dengan p-value sebesar 0.000. Maka dengan alpha 0.05 dan daerah penolakan p-value < α, dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan skor yang terdapat pada awal dan berakhir signifikan secara satistik. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan model TQM-IE terbukti sangat efektif meningkatkan mutu pesantren tradisional propinsi Aceh.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 373 Zah p
Keywords: Manajemen Pendidikan, Pesantren Tradisional, TQM-IE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 May 2024 01:09
Last Modified: 15 Jul 2024 07:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57197

Actions (login required)

View Item
View Item