Zahraini (2023) Pengembangan Model Total Quality Management In Islamic Education (TQM-IE) Pada Pesantren Tradisional (Dayah Salafiyah) di Propinsi Aceh. Doctoral thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166113006 COVER.pdf
Download (43kB)
2. NIM. 8166113006 ABSTRAK.pdf
Download (348kB)
3. NIM. 8166113006 KATA PENGANTAR.pdf
Download (373kB)
4. NIM. 8166113006 DAFTAR ISI.pdf
Download (264kB)
5. NIM. 8166113006 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (483kB)
6. NIM. 8166113006 DAFTAR TABEL.pdf
Download (449kB)
7. NIM. 8166113006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (210kB)
9. NIM. 8166113006 BAB I.pdf
Download (1MB)
13. NIM. 8166113006 BAB V.pdf
Download (476kB)
14. NIM. 8166113006 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (588kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk: (1) Menemukan karakteristik dari model manajemen Total Quality Management In Islamic Education (TQM-IE), (2) Menguji kelayakan model manajemen Total Quality Management In Islamic Education (TQM-IE), (3) Menguji efektivitas dari manajemen Total Quality Management In Islamic Education (TQM-IE) Pada Pesantren Tradisional. Jenis Penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall (2007). Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen observasi, wawancara, dokumentasi, angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: (1) Karakteristik dari model manajemen Total Quality Management In Islamic Education (TQM-IE) yaitu: a)Functionality, b) Reliability, c) Usability, d)Eficiency, e) Adaptable, f) Fashionable, dan g) Maitainability. 2) kelayakan model Total Quality Management In Islamic ducation (TQM-IE), yaitu Kelayakan model manajemen pengembangan M2P2TQM-IE Propinsi Aceh yang layak adalah model yang dirancang berdasarkan analisis komparatif model manajemen pendidikan pesantren tradisional di Propinsi Aceh. Model ini layak karena adanya dukungan unsur-unsur TQM-IE dan telah diuji kevalidanya oleh pakar dan praktisi, komponen –komponennya dengan skor rerata 75.18% dengan kategori layak; dan (3)Tingkat efektivitas model TQM-IE pada pesantren tradisional di Propinsi Aceh sangat efektif. Berdasarkan hasil ujicoba luas(operasional) di lanjutkan dengan engujian t berpasangan. rata-rata skor sesudah treatment ( 91,23) lebih besar dibandingan sebelum treatment (57,92) sebelum diberikan perlakuan, terdapat perbedaan sebesar 33,31. Dari Hasil Uji t didapatkan bahwa nilai t-hitung adalah -11.884 dengan p-value sebesar 0.000.Maka dengan alpha 0.05 dan daerah penolakan p-value < α, dapat dikatkan bahwa perbedaan skor yang terdapat pada saat sesudah treatment dan sebelum treatment adalah signifikan, karena memiliki nilai p-value kecil dari 0,05. Pada hasil uji mutu (Perception Quality) diperoleh hasil rata-rata skor sesudah treatment (4,51) lebih besar dibandingan dengan bahwa rata-rata skor sebelum treatment (3,59) dengan perbedaan sebesar 1,01. Dari Hasil Uji t didapatkan bahwa nilai t-hitung adalah -125.003 dengan p-value sebesar 0.000. Maka dengan alpha 0.05 dan daerah penolakan p-value < α, dapat ditarik kesimpulan bahwa perbedaan skor yang terdapat pada awal dan berakhir signifikan secara satistik. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan model TQM-IE terbukti sangat efektif meningkatkan mutu pesantren tradisional propinsi Aceh.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Additional Information: | 373 Zah p |
Keywords: | Manajemen Pendidikan, Pesantren Tradisional, TQM-IE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance L Education > LC Special aspects of education > LC321 Religion and education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 21 May 2024 01:09 |
Last Modified: | 15 Jul 2024 07:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57197 |