ANALISIS BRAND SWITCHING DAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MARKOV CHAIN DAN GAME THEORY DI KOTA MEDAN (STUDI KASUS : LAZADA, SHOPEE,DAN TOKOPEDIA)

Halim, Rendy Ihsan (2023) ANALISIS BRAND SWITCHING DAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MARKOV CHAIN DAN GAME THEORY DI KOTA MEDAN (STUDI KASUS : LAZADA, SHOPEE,DAN TOKOPEDIA). Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193230025_Cover.pdf] Text
4193230025_Cover.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 4193230025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193230025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (830kB)
[thumbnail of 4193230025_Abstrak.pdf] Text
4193230025_Abstrak.pdf

Download (126kB)
[thumbnail of 4193230025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193230025_Kata_Pengantar.pdf

Download (897kB)
[thumbnail of 4193230025_Daftar_Isi.pdf] Text
4193230025_Daftar_Isi.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4193230025_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193230025_Daftar_Tabel.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 4193230025_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193230025_Daftar_Gambar.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4193230025_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193230025_Daftar_Lampiran.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4193230025_BAB_I.pdf] Text
4193230025_BAB_I.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 4193230025_BAB_V.pdf] Text
4193230025_BAB_V.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4193230025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193230025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (113kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah menciptakan inovasi bisnis yang dikenal sebagai E-commerce, seperti Shopee, Lazada, dan Tokopedia. Perebutan terhadap pernarikan jumlah pengunjung di E-commerce serat E-commerce harus mendapatkan keuntungan sebanyaknya merupakan alasan untuk melihat strategi optimal dan Tranformasi Pelanggan. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi persaingan optimal di antara Shopee, Lazada, dan Tokopedia menggunakan metode matematika Game Theory dan Markov Chain melihat transformasi pelanggan dengan 5 variabel bauran pemasaran harga, promosi, keamanan, pelayanan, dan keseterdiaan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persaingan antara ketigaE-commerce menghasilkan strategi optimal yang beragam,. Misalnya, dalam persaingan antara Shopee dan Lazada, Shopee menonjolkan strategi optimal dengan nilai 0,66 di harga,0,124 keamanan,dan 0,208 Keseterdiaan Produk.Dalam persaingan antara Shopee dan Tokopedia, dengan Shopee memprioritaskan nilai harga 0,129,keamanan dengan 0,375, dan keseterdiaan produk dengan 0,33315, sementara Tokopedia lebih mengutamakan pada 0,5 harga dan 0,5 pelayanan,untuk Lazada dan Tokopedia,Lazada menonjolkan nilai keamanan sebesar 0,5826 dan 0,4174 Keseterdiaan Produk sementara untuk Tokopedia sebesar nilai 0,749 harga dan 0,251 pelayan.Dalam konteks perpindahan pelanggan menggunakan Markov Chain, probabilitas perpindahan merek untuk Shopee adalah 0,469, Lazada adalah 0,306, dan Tokopedia adalah 0,223.Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi optimal dalam persaingan E-commerce melibatkan 5 strategi yang berbeda, dengan variasi tertentu tergantung pada pasangan pesaing. Probabilitas perpindahan pelanggan juga dapat diukur menggunakan pendekatan Markov Chain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-commerce,Strategi Optimal,Perpindahan Pelanggan,Game Theory,Markov Chain
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 20 May 2024 05:13
Last Modified: 20 May 2024 05:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57146

Actions (login required)

View Item
View Item