PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATCH MINE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA

Silalahi, Kamilah (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MATCH MINE TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111092_Cover.pdf] Text
4193111092_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 4193111092_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111092_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4193111092_Abstrak.pdf] Text
4193111092_Abstrak.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 4193111092_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111092_Kata_Pengantar.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4193111092_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111092_Daftar_Isi.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 4193111092_BAB_I.pdf] Text
4193111092_BAB_I.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 4193111092_BAB_V.pdf] Text
4193111092_BAB_V.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4193111092_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111092_Daftar_Pustaka.pdf

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe match mine dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe match mine terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode True Experimental Design yaitu The Pretest-Posttest Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-2 SMA Negeri 11 Medan pada mata pelajaran matematika semester ganjil T.A 2023/2024 yang berjumlah 70 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji N-Gain, Uji-t, dan analisis varians sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe match mine yaitu sebesar 0,77 yang berada pada kategori tinggi, dan berdasarkan hasil uji-t didapat bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan kontrol. Dengan analisis varians sederhana diperoleh �ℎ�����>������ (47,72>3,98) maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe match mine berpengaruh signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Sil p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Mmatch mine; Komunikasi matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 May 2024 04:22
Last Modified: 20 May 2024 04:22
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/57134

Actions (login required)

View Item
View Item