PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Pasaribu, Helen Marisa (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111060_Cover.pdf] Text
4193111060_Cover.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 4193111060_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111060_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 4193111060_Abstrak.pdf] Text
4193111060_Abstrak.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 4193111060_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111060_Kata_Pengantar.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4193111060_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111060_Daftar_Isi.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of 4193111060_BAB_I.pdf] Text
4193111060_BAB_I.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4193111060_BAB_V.pdf] Text
4193111060_BAB_V.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of 4193111060_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111060_Daftar_Pustaka.pdf

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan GeoGebra. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 21 Medan yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan obsevasi guru. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan dari skor rata-rata awal siswa sebesar 30,65 dalam kategori rendah meningkat pada siklus I menjadi 52,98 dalam kategori sedang dan pada siklus II meningkat menjadi 78,16 dalam kategori tinggi. Diperoleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,69 yang menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dapat dikatakan baik. Secara klasikal kemampuan siswa juga meningkat, pada siklus I sebanyak 8 siswa (25,81%) yang memenuhi kriteria yang ditetapkan. Kemudian, pada siklus II diperoleh sebanyak 27 siswa (87,10%) yang menenuhi kriteria yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan GeoGebra dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Pas p
Keywords: Creative problem solving; GeoGebra; Berpikir kreatif matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 17 May 2024 03:37
Last Modified: 09 Jun 2024 14:32
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56952

Actions (login required)

View Item
View Item