PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA BERMUATAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN KONTEKS PETASAN PADA MATERI REAKSI REDOKS

Aisyah, Tuti (2023) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA BERMUATAN LITERASI SAINS MENGGUNAKAN KONTEKS PETASAN PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4192131002_Cover.pdf] Text
4192131002_Cover.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 4192131002_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4192131002_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of 4192131002_Abstrak.pdf] Text
4192131002_Abstrak.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4192131002_Kata_Pengantar.pdf] Text
4192131002_Kata_Pengantar.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 4192131002_Daftar_Isi.pdf] Text
4192131002_Daftar_Isi.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of 4192131002_Daftar_Gambar.pdf] Text
4192131002_Daftar_Gambar.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4192131002_Daftar_Tabel.pdf] Text
4192131002_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4192131002_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4192131002_Daftar_Lampiran.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 4192131002_BAB_I.pdf] Text
4192131002_BAB_I.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 4192131002_BAB_V.pdf] Text
4192131002_BAB_V.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4192131002_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4192131002_Daftar_Pustaka.pdf

Download (360kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan terkait pengembangan,
menghasilkan modul literasi sains menggunakan konteks petasan pada materi reaksi
reduksi oksidasi yang layak dan mengetahui respon siswa terhadap modul. Desain
penelitian menggunakan Model of Educational Recontruction. Instrumen yang
digunakan adalah lembar prekonsepsi siswa, angket respon siswa dan lembar validasi
ahli terhadap modul. Modul yang dirancang akan dinilai kelayakannya oleh panelis
yang didasarkan pada sembilan poin penilaian yang diujikan. Teknik analisis data
menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Content Validty Index (CVI) untuk
modul, sedangkan teknik analisis data untuk prekonsepsi dan respon siswa
menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diketahui
sebagian besar siswa setuju dengan adanya penerapan materi reaksi redoks
menggunakan konteks petasan dalam bentuk modul. Hasil validasi ahli terhadap
modul terbagi dua kategori yaitu pertama nilai CVR setiap item berdasarkan tujuan
pembelajaran menghasilkan rata-rata berturut-turut sebesar 0,975; 0,975; 0,978;
0,886; 0,956; 1; 1; 0,956; dan 0,933. Kedua, nilai CVR berdasarkan tahapan
menghasilkan rata-rata sebesar 1. Berdasarkan perbandingan CVRtabel = 0,736, maka
CVRhitung > CVRtabel yang berarti valid. Perhitungan CVI keseluruhan modul
diperoleh nilai sebesar 0,981 yang termasuk dalam kriteria sangat sesuai. Hasil
respon siswa kelas X IPA 4 SMAN 1 Batang Kuis terhadap modul berada pada
persentase rata-rata sebesar 78% yang termasuk dalam kriteria praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Literai sains; Petasan; Redoks
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 17 May 2024 03:16
Last Modified: 17 May 2024 03:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56944

Actions (login required)

View Item
View Item