PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL SISWA SMAN 15 MEDAN

Bangun, Terkelin Br (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL SISWA SMAN 15 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. Cover.pdf]
Preview
Text
1. Cover.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (590kB) | Preview
[thumbnail of 3. Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[thumbnail of 4. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB I.pdf]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 13. BAB V.pdf]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 14. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning, Cooperative Learning tipe Jigsaw dan Konvensional terhadap hasil belajar, kemampuan berfikir kreatif dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA pada materi Struktur dan Fungsi Sel. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 15 Medan dengan Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2014/ 2015 yang terdiri atas 7 kelas yang berjumlah 252 siswa. Sampel diambil secara cluster random sampling, terpilih 3 kelas yakni kelas XI IPA-5 menggunakan strategi Problem-Based Learning (kelas A), kelas XI IPA-1 Cooperative Learning metode Jigsaw, (kelas B) dan kelas XI IPA-7 Konvensional (kelas C).
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Leraning, Cooperative Learning dan Konvensional terhadap hasil belajar siswa Fhitung=38,538, P=0,000 < 0,05. (2) Terdapat perbedaan kreatifitas dari masing-masing kelompok atau kelas eksperimen (3) Terdapat perbedaan sikap ilmiah siswa dari masing-masing kelompok atau kelas eksperimen.Hasil penelitian secara praktis dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi guru bahwa hasil belajar, kreatifitas dan sikap ilmiah siswa dapat lebih ditingkatkan dengan menggunakan strategi-strategi pembelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 571.607 12 Ban p
Keywords: Strategi pembelajaran; Hasil belajar; Berpikir kreatif; Sikap ilmiah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 10 Jun 2016 04:09
Last Modified: 10 Jun 2016 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5692

Actions (login required)

View Item
View Item