Bangun, Terkelin Br (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SEL SISWA SMAN 15 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. Cover.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (590kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. BAB I.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
13. BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Learning, Cooperative Learning tipe Jigsaw dan Konvensional terhadap hasil belajar, kemampuan berfikir kreatif dan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA pada materi Struktur dan Fungsi Sel. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 15 Medan dengan Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IPA Tahun Pelajaran 2014/ 2015 yang terdiri atas 7 kelas yang berjumlah 252 siswa. Sampel diambil secara cluster random sampling, terpilih 3 kelas yakni kelas XI IPA-5 menggunakan strategi Problem-Based Learning (kelas A), kelas XI IPA-1 Cooperative Learning metode Jigsaw, (kelas B) dan kelas XI IPA-7 Konvensional (kelas C).
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran Problem Based Leraning, Cooperative Learning dan Konvensional terhadap hasil belajar siswa Fhitung=38,538, P=0,000 < 0,05. (2) Terdapat perbedaan kreatifitas dari masing-masing kelompok atau kelas eksperimen (3) Terdapat perbedaan sikap ilmiah siswa dari masing-masing kelompok atau kelas eksperimen.Hasil penelitian secara praktis dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi guru bahwa hasil belajar, kreatifitas dan sikap ilmiah siswa dapat lebih ditingkatkan dengan menggunakan strategi-strategi pembelajaran yang lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 571.607 12 Ban p |
Keywords: | Strategi pembelajaran; Hasil belajar; Berpikir kreatif; Sikap ilmiah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Siti Nurbaidah |
Date Deposited: | 10 Jun 2016 04:09 |
Last Modified: | 10 Jun 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5692 |