ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SISWA KELAS XI SMA NEGERI 17 MEDAN

Manik, Ricardo Febrian (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SISWA KELAS XI SMA NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311035_Cover.pdf] Text
4193311035_Cover.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4193311035_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311035_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (530kB)
[thumbnail of 4193311035_Abstrak.pdf] Text
4193311035_Abstrak.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 4193311035_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311035_Kata_Pengantar.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of 4193311035_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311035_Daftar_Isi.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 4193311035_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193311035_Daftar_Tabel.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 4193311035_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193311035_Daftar_Gambar.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 4193311035_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193311035_Daftar_Lampiran.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4193311035_BAB_I.pdf] Text
4193311035_BAB_I.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 4193311035_BAB_V.pdf] Text
4193311035_BAB_V.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 4193311035_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311035_Daftar_Pustaka.pdf

Download (311kB)

Abstract

Matematika berperan sebagai alat berpikir dalam kegiatan pelajaran dan membantu siswa memperoleh penafsiran yang lebih baik tentang konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk: (1) mencocokkan kemampuan berpikir kritis murid kelas XI SMA Negeri 17 Medan dengan pendekatan RME yang dibandingkan dengan pelajaran konvensional; (2) mengevaluasi metrik kemampuan berpikir kritis murid yang paling menonjol di kelas XI SMA Negeri 17 Medan. Kelas XI SMA Negeri 17 Medan ialah subjek penelitian ini. Dalam penelitian ini, bentuk quasi eksperimen diaplikasikan. 34 murid dari kelas XI MIPA 4 diaplikasikan sebagai sampel eksperimen, dan instrumen yang diaplikasikan untuk mengevaluasi berpikir kritis matematika ialah 3 soal uraian. Penelitian mewujudkan: (1) Dari skor uji-t diperoleh skor thitung > ttabel atau 3.156 > 1.998 maka H0 ditolak. Dengan demikian, bentuk pelajaran realistik menumbuhkan kemampuan berpikir kritis murid kelas XI SMA Negeri 17 Medan pada mata pelajaran matematika. Skornya mencapai persentase 86,02% untuk indikator interpretasi, dengan 71,07% untuk indikator analisis dan 75% untuk indikator evaluasi dimana hal ini menyatakan bahwa murid bisa mengkonstruksi bentuk matematika dari permasalahan tersebut

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendekatan RME, Berpikir Kritis, Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 16 May 2024 09:17
Last Modified: 16 May 2024 09:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56915

Actions (login required)

View Item
View Item