Manik, Ricardo Febrian (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SISWA KELAS XI SMA NEGERI 17 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193311035_Cover.pdf
Download (68kB)
4193311035_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (530kB)
4193311035_Abstrak.pdf
Download (127kB)
4193311035_Kata_Pengantar.pdf
Download (213kB)
4193311035_Daftar_Isi.pdf
Download (135kB)
4193311035_Daftar_Tabel.pdf
Download (132kB)
4193311035_Daftar_Gambar.pdf
Download (98kB)
4193311035_Daftar_Lampiran.pdf
Download (131kB)
4193311035_BAB_I.pdf
Download (536kB)
4193311035_BAB_V.pdf
Download (276kB)
4193311035_Daftar_Pustaka.pdf
Download (311kB)
Abstract
Matematika berperan sebagai alat berpikir dalam kegiatan pelajaran dan membantu siswa memperoleh penafsiran yang lebih baik tentang konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk: (1) mencocokkan kemampuan berpikir kritis murid kelas XI SMA Negeri 17 Medan dengan pendekatan RME yang dibandingkan dengan pelajaran konvensional; (2) mengevaluasi metrik kemampuan berpikir kritis murid yang paling menonjol di kelas XI SMA Negeri 17 Medan. Kelas XI SMA Negeri 17 Medan ialah subjek penelitian ini. Dalam penelitian ini, bentuk quasi eksperimen diaplikasikan. 34 murid dari kelas XI MIPA 4 diaplikasikan sebagai sampel eksperimen, dan instrumen yang diaplikasikan untuk mengevaluasi berpikir kritis matematika ialah 3 soal uraian. Penelitian mewujudkan: (1) Dari skor uji-t diperoleh skor thitung > ttabel atau 3.156 > 1.998 maka H0 ditolak. Dengan demikian, bentuk pelajaran realistik menumbuhkan kemampuan berpikir kritis murid kelas XI SMA Negeri 17 Medan pada mata pelajaran matematika. Skornya mencapai persentase 86,02% untuk indikator interpretasi, dengan 71,07% untuk indikator analisis dan 75% untuk indikator evaluasi dimana hal ini menyatakan bahwa murid bisa mengkonstruksi bentuk matematika dari permasalahan tersebut
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pendekatan RME, Berpikir Kritis, Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 16 May 2024 09:17 |
Last Modified: | 16 May 2024 09:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56915 |