PERBANDINGAN BAHASA PERSUASIF PADA PLATFORM JUAL BELI ONLINE SHOPEE, TOKOPEDIA, LAZADA, DAN BUKALAPAK

Saragih, Nurhelma (2021) PERBANDINGAN BAHASA PERSUASIF PADA PLATFORM JUAL BELI ONLINE SHOPEE, TOKOPEDIA, LAZADA, DAN BUKALAPAK. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM  2173510018 COVER.pdf] Text
1. NIM 2173510018 COVER.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of 2. NIM 2173510018 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM 2173510018 APPROVAL SHEET.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of 3. NIM  2173510018 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM 2173510018 ABSTRACT.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 4. NIM  2173510018 PREFACE.pdf] Text
4. NIM 2173510018 PREFACE.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 5.  NIM  2173510018 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM 2173510018 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 6. NIM  2173510018 LIST OF TABLE.pdf] Text
6. NIM 2173510018 LIST OF TABLE.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 7.  NIM  2173510018 APPENDICES.pdf] Text
7. NIM 2173510018 APPENDICES.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 8. NIM  2173510018 CHAPTER I.pdf] Text
8. NIM 2173510018 CHAPTER I.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of 12. NIM  2173510018 CHAPTER V.pdf] Text
12. NIM 2173510018 CHAPTER V.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 13. NIM  2173510018 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
13. NIM 2173510018 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahasa persuasif pada Platform jual beli Online. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu perbandingan bahasa persuasif pada platform jual beli Online Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak menggunakan teori bahasa persuasif Ghorys Keraf tahun 2007. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang mendeskripsikan data berupa hasil pencarian dan pencatatan, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dan teknik simak catat dengan analisis data berupa teknik membaca, mempelajari, mencatat, memilah dan mengklasifikasikan data serta menganalisis data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian pada Perbandingan Bahasa Persuasif pada Platform Jual Beli Online Shopee, Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak menunjukkan Persamaan ini meliputi Persamaan bentuk bahasa persuasif iklan dari aspek kaliamt persuasif, persamaan jenis bahasa persuasif propaganda dari aspek waktu, dan persamaan bentuk bahasa persuasif iklan dari aspek kalimat perintah ajakan. selain persamaan terdapat juga perbedaan bahasa persuasif yakni, prinsip bahasa persuasif dari aspek membujuk demi keuntungan dan perbedaan jenis bahasa persuasif propaganda dari aspek tema.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahasa Persuasif; Platform Jual Beli Online
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 14 May 2024 04:50
Last Modified: 14 May 2024 04:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56745

Actions (login required)

View Item
View Item