PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN

Manullang, Saniy Basiyroh (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111004_Cover.pdf] Text
4193111004_Cover.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of 4193111004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of 4193111004_Abstrak.pdf] Text
4193111004_Abstrak.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 4193111004_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111004_Kata_Pengantar.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of 4193111004_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111004_Daftar_Isi.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 4193111004_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111004_Daftar_Gambar.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 4193111004_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111004_Daftar_Tabel.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4193111004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 4193111004_BAB_I.pdf] Text
4193111004_BAB_I.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 4193111004_BAB_V.pdf] Text
4193111004_BAB_V.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of 4193111004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan computational thinking berbantuan media geogebra; (2) respon siswa terhadap penggunaan model problem based learning berbantuan geogebra terhadap materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan desain penelitian posttest-only control design. Sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Medan pada tahun 2022/2023 yang terbagi atas 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal posttest dalam bentuk uraian serta pemberian angket. Data hasil tes dianalisis menggunakan pengujian t-test dan data angket respon siswa dianalisis dengan persentase. Dari hasil analisis data (1) pada uji t-test diperoleh �ℎ����� (5,928) > ������ (2.011) maka �0 ditolak serta �� di terima ini mengartikan terdapat pengaruh yang signifikan dari model problem based learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan computational thinking. Besarnya pengaruh diukur dengan effect size, diperoleh hasil 1,678 dengan kategori besar. Hal ini menunjukkan bahwa model problem based learning memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan; (2) data angket respon diperoleh persentase sebesar 79,2% dengan ketentuan setuju serta sangat setuju. Berlandaskan kriteria persentase respon siswa maka terdapat respon positif siswa terhadap penggunaan model problem based learning berbantuan geogebra terhadap materi bangun ruang sisi datar (prisma dan limas).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Geogebra; Respon siswa; Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 13 May 2024 02:24
Last Modified: 13 May 2024 02:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56641

Actions (login required)

View Item
View Item