Manullang, Saniy Basiyroh (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4193111004_Cover.pdf
Download (60kB)
4193111004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (639kB)
4193111004_Abstrak.pdf
Download (337kB)
4193111004_Kata_Pengantar.pdf
Download (297kB)
4193111004_Daftar_Isi.pdf
Download (313kB)
4193111004_Daftar_Gambar.pdf
Download (249kB)
4193111004_Daftar_Tabel.pdf
Download (252kB)
4193111004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (251kB)
4193111004_BAB_I.pdf
Download (654kB)
4193111004_BAB_V.pdf
Download (335kB)
4193111004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (391kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan computational thinking berbantuan media geogebra; (2) respon siswa terhadap penggunaan model problem based learning berbantuan geogebra terhadap materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan desain penelitian posttest-only control design. Sampel pada penelitian ini menggunakan cluster random sampling pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Medan pada tahun 2022/2023 yang terbagi atas 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal posttest dalam bentuk uraian serta pemberian angket. Data hasil tes dianalisis menggunakan pengujian t-test dan data angket respon siswa dianalisis dengan persentase. Dari hasil analisis data (1) pada uji t-test diperoleh �ℎ����� (5,928) > ������ (2.011) maka �0 ditolak serta �� di terima ini mengartikan terdapat pengaruh yang signifikan dari model problem based learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan computational thinking. Besarnya pengaruh diukur dengan effect size, diperoleh hasil 1,678 dengan kategori besar. Hal ini menunjukkan bahwa model problem based learning memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan computational thinking siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan; (2) data angket respon diperoleh persentase sebesar 79,2% dengan ketentuan setuju serta sangat setuju. Berlandaskan kriteria persentase respon siswa maka terdapat respon positif siswa terhadap penggunaan model problem based learning berbantuan geogebra terhadap materi bangun ruang sisi datar (prisma dan limas).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Geogebra; Respon siswa; Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 13 May 2024 02:24 |
Last Modified: | 13 May 2024 02:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56641 |