SIBUEA, RAHEL MAY CARRY (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN ADVERSITY TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI DENGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7193342019_Cover.pdf
Download (120kB)
7193342019_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (603kB)
7193342019_Kata_Pengantar.pdf
Download (283kB)
7193342019_Abstrak.pdf
Download (168kB)
7193342019_Daftar_Isi.pdf
Download (158kB)
7193342019_Daftar_Tabel.pdf
Download (112kB)
7193342019_Daftar_Gambar.pdf
Download (83kB)
7193342019_BAB_I.pdf
Download (459kB)
7193342019_BAB_V.pdf
Download (138kB)
7193342019_Daftar_Pustaka.pdf
Download (290kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui; (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkat 2021 universitas negeri medan; (2) pengaruh kecerdasan adversity terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2021 universitas negeri medan; (3) pengaruh kecerdasan emosional terhadap minat belajar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2021 universitas negeri medan; (4) pengaruh kecerdasan adversity terhadap minat belajar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2021 universitas negeri medan (5) pengaruh minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2021 universitas negeri medan; (6) pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar melalui minat belajar; (7) pengaruh kecerdasan adversity terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar melalui minat belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah 64 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengambilan data menggunakan kuisioner sebanyak 13 pernyataan dan tes sebanyak 20 pertanyaan. Sebelumnya angket yang digunakan telah diuji terlebih dahulu untuk melihat validitas dan reliabilitas. kemudian data yang diolah menggunakan analisis jalur dan uji sobel dengan bantuan SPSS 26. Data diolah dalam penelitian ini diubah terlebih dahulu dari ordinal ke interval menggunakan Method of Successive Interval (MSI).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 2,696 dan nilai thitung > ttabel 7,303>1,999 dengan signifikansi 0,000; (2) Kecerdasan adversity berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 2,523 dan nilai thitung > ttabel 6,385>1,999 dengan signifikansi 0,000; (3) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 0,436 dan nilai thitung > ttabel 4,742>1,999 dengan signifikansi 0,000; (4) Kecerdasan adversity berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 0,521 dan nilai thitung > ttabel 6,069>1,999 dengan signifikansi 0,000; (5) Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 3,194 dan nilai thitung > ttabel 7,313>1,999 dengan signifikansi 0,000; (6) Kecerdasan emosional melalui minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 0,781 dan nilai thitung > ttabel 3,4666>1,999 dengan signifikansi 0,000; (7) Kecerdasan emosional melalui minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 0,732 dan nilai thitung > ttabel 3,4666 dengan signifikansi 0,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Adversity, Tingkat Pemahaman Akuntansi, Minat Belajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 May 2024 04:28 |
Last Modified: | 18 May 2024 04:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56631 |