PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN ADVERSITY TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI DENGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

SIBUEA, RAHEL MAY CARRY (2023) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN ADVERSITY TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI DENGAN MINAT BELAJAR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7193342019_Cover.pdf] Text
7193342019_Cover.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 7193342019_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7193342019_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of 7193342019_Kata_Pengantar.pdf] Text
7193342019_Kata_Pengantar.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 7193342019_Abstrak.pdf] Text
7193342019_Abstrak.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 7193342019_Daftar_Isi.pdf] Text
7193342019_Daftar_Isi.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 7193342019_Daftar_Tabel.pdf] Text
7193342019_Daftar_Tabel.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 7193342019_Daftar_Gambar.pdf] Text
7193342019_Daftar_Gambar.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 7193342019_BAB_I.pdf] Text
7193342019_BAB_I.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of 7193342019_BAB_V.pdf] Text
7193342019_BAB_V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 7193342019_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7193342019_Daftar_Pustaka.pdf

Download (290kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui; (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkat 2021 universitas negeri medan; (2) pengaruh kecerdasan adversity terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2021 universitas negeri medan; (3) pengaruh kecerdasan emosional terhadap minat belajar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2021 universitas negeri medan; (4) pengaruh kecerdasan adversity terhadap minat belajar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2021 universitas negeri medan (5) pengaruh minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar mahasiswa prodi pendidikan akuntansi angkatan 2021 universitas negeri medan; (6) pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar melalui minat belajar; (7) pengaruh kecerdasan adversity terhadap tingkat pemahaman akuntansi dasar melalui minat belajar.
Populasi dalam penelitian ini adalah 64 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengambilan data menggunakan kuisioner sebanyak 13 pernyataan dan tes sebanyak 20 pertanyaan. Sebelumnya angket yang digunakan telah diuji terlebih dahulu untuk melihat validitas dan reliabilitas. kemudian data yang diolah menggunakan analisis jalur dan uji sobel dengan bantuan SPSS 26. Data diolah dalam penelitian ini diubah terlebih dahulu dari ordinal ke interval menggunakan Method of Successive Interval (MSI).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 2,696 dan nilai thitung > ttabel 7,303>1,999 dengan signifikansi 0,000; (2) Kecerdasan adversity berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 2,523 dan nilai thitung > ttabel 6,385>1,999 dengan signifikansi 0,000; (3) Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 0,436 dan nilai thitung > ttabel 4,742>1,999 dengan signifikansi 0,000; (4) Kecerdasan adversity berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 0,521 dan nilai thitung > ttabel 6,069>1,999 dengan signifikansi 0,000; (5) Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 3,194 dan nilai thitung > ttabel 7,313>1,999 dengan signifikansi 0,000; (6) Kecerdasan emosional melalui minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 0,781 dan nilai thitung > ttabel 3,4666>1,999 dengan signifikansi 0,000; (7) Kecerdasan emosional melalui minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa terbukti dengan nilai koefisien yaitu 0,732 dan nilai thitung > ttabel 3,4666 dengan signifikansi 0,000.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Adversity, Tingkat Pemahaman Akuntansi, Minat Belajar
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 18 May 2024 04:28
Last Modified: 18 May 2024 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56631

Actions (login required)

View Item
View Item