Tarigan, Mei Cristin N (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ICARE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X SMA TAMAN SISWA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4173321031_Cover.pdf
Download (40kB)
4173321031_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (872kB)
4173321031_Abstrak.pdf
Download (276kB)
4173321031_Kata_Pengantar.pdf
Download (749kB)
4173321031_Daftar_Isi.pdf
Download (527kB)
4173321031_Daftar_Tabel.pdf
Download (393kB)
4173321031_Daftar_Gambar.pdf
Download (367kB)
4173321031_Daftar_Lampiran.pdf
Download (498kB)
4173321031_BAB_I.pdf
Download (568kB)
4173321031_BAB_V.pdf
Download (275kB)
4173321031_Daftar_Pustaka.pdf
Download (661kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dan melatih keterampilan berpikir kritis siswa SMA Swasta Taman Siswa Medan Kelas X IPA pada materi Hukum Newton di dalam kelas X IPA SMA Swasta Taman Siswa Medan. Jenis penelitian ini adalah quais eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Taman Siswa Medan. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Total Sampling dengan mengambil seluruh siswa kelas X IPA yaitu X IPA 1 (sebagai kelas eksperimen) yang berjumlah 21orang dan kelas X IPA 2 (sebagai kelas kontrol) yang berjumlah 22 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu instrument untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas dengan menggunakan instrument test. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pembelajaran Strategi ICARE dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 46,19 dan kelas kontrol adalah 42,73 setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 85,48 dan kelas kontrol 72,73. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t setelah data berdistribusi normal dan homogeny, maka ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok hukum newton
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Strategi ICARE, Hasil belajar, Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 12 May 2024 04:02 |
Last Modified: | 12 May 2024 04:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56555 |