PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ICARE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X SMA TAMAN SISWA MEDAN

Tarigan, Mei Cristin N (2023) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ICARE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON KELAS X SMA TAMAN SISWA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4173321031_Cover.pdf] Text
4173321031_Cover.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4173321031_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4173321031_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (872kB)
[thumbnail of 4173321031_Abstrak.pdf] Text
4173321031_Abstrak.pdf

Download (276kB)
[thumbnail of 4173321031_Kata_Pengantar.pdf] Text
4173321031_Kata_Pengantar.pdf

Download (749kB)
[thumbnail of 4173321031_Daftar_Isi.pdf] Text
4173321031_Daftar_Isi.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 4173321031_Daftar_Tabel.pdf] Text
4173321031_Daftar_Tabel.pdf

Download (393kB)
[thumbnail of 4173321031_Daftar_Gambar.pdf] Text
4173321031_Daftar_Gambar.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 4173321031_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4173321031_Daftar_Lampiran.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of 4173321031_BAB_I.pdf] Text
4173321031_BAB_I.pdf

Download (568kB)
[thumbnail of 4173321031_BAB_V.pdf] Text
4173321031_BAB_V.pdf

Download (275kB)
[thumbnail of 4173321031_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4173321031_Daftar_Pustaka.pdf

Download (661kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa dan melatih keterampilan berpikir kritis siswa SMA Swasta Taman Siswa Medan Kelas X IPA pada materi Hukum Newton di dalam kelas X IPA SMA Swasta Taman Siswa Medan. Jenis penelitian ini adalah quais eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA Swasta Taman Siswa Medan. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Total Sampling dengan mengambil seluruh siswa kelas X IPA yaitu X IPA 1 (sebagai kelas eksperimen) yang berjumlah 21orang dan kelas X IPA 2 (sebagai kelas kontrol) yang berjumlah 22 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yaitu instrument untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas dengan menggunakan instrument test. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan pembelajaran Strategi ICARE dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Dari penelitian ini diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 46,19 dan kelas kontrol adalah 42,73 setelah pembelajaran selesai diberikan posttest dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 85,48 dan kelas kontrol 72,73. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t setelah data berdistribusi normal dan homogeny, maka ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran ICARE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok hukum newton

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pembelajaran Strategi ICARE, Hasil belajar, Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 12 May 2024 04:02
Last Modified: 12 May 2024 04:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56555

Actions (login required)

View Item
View Item