PENGARUH PERILAKU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE

TELAUMBANUA, KRISVITRA (2023) PENGARUH PERILAKU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 7183342001_Cover.pdf] Text
7183342001_Cover.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of 7183342001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
7183342001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (593kB)
[thumbnail of 7183342001_Kata_Pengantar.pdf] Text
7183342001_Kata_Pengantar.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of 7183342001_Abstrak.pdf] Text
7183342001_Abstrak.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of 7183342001_Daftar_Isi.pdf] Text
7183342001_Daftar_Isi.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of 7183342001_Daftar_Tabel.pdf] Text
7183342001_Daftar_Tabel.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 7183342001_Daftar_Gambar.pdf] Text
7183342001_Daftar_Gambar.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 7183342001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
7183342001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of 7183342001_BAB_I.pdf] Text
7183342001_BAB_I.pdf

Download (687kB)
[thumbnail of 7183342001_BAB_V.pdf] Text
7183342001_BAB_V.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 7183342001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
7183342001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (485kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi jurnal umum masih kurang dari nilai KKM yang telah ditetapkan dan perilaku belajar siswa masih kurang baik serta kurangnya tingkat kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar akuntansi melalui kemampuan berpikir kritis sebagai variabel intervening di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Populasi penelitian ini adalah 72 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kusioner. Teknik analisis data penelitian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan analisis jalur dan uji t dengan bantuan software SPSS versi 26.
Dari hasil analisis data semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Berdasarkan pengujian analisis jalur, terdapat pengaruh langsung perilaku belajar terhadap hasil belajar dengan t hitung sebesar 4,761 > 1,994 dan signifikansi 0,000<0,05. Pengaruh langsung perilaku belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai 9,084 > 1,994 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai 4,094>1,994 dan nilai signifikan 0,000<0,05. Namun kemampuan berpikir kritis tidak terbukti dapat memediasi pengaruh antara perilaku belajar dengan hasil belajar akuntansi, karena pengaruh langsung lebih besar daripada pengaruh tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Perilaku Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 18 May 2024 03:31
Last Modified: 18 May 2024 03:31
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56544

Actions (login required)

View Item
View Item