TELAUMBANUA, KRISVITRA (2023) PENGARUH PERILAKU BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X AKUNTANSI DI SMK NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
7183342001_Cover.pdf
Download (308kB)
7183342001_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (593kB)
7183342001_Kata_Pengantar.pdf
Download (534kB)
7183342001_Abstrak.pdf
Download (283kB)
7183342001_Daftar_Isi.pdf
Download (319kB)
7183342001_Daftar_Tabel.pdf
Download (261kB)
7183342001_Daftar_Gambar.pdf
Download (257kB)
7183342001_Daftar_Lampiran.pdf
Download (257kB)
7183342001_BAB_I.pdf
Download (687kB)
7183342001_BAB_V.pdf
Download (281kB)
7183342001_Daftar_Pustaka.pdf
Download (485kB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada materi jurnal umum masih kurang dari nilai KKM yang telah ditetapkan dan perilaku belajar siswa masih kurang baik serta kurangnya tingkat kemampuan siswa dalam berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh perilaku belajar terhadap hasil belajar akuntansi melalui kemampuan berpikir kritis sebagai variabel intervening di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Populasi penelitian ini adalah 72 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kusioner. Teknik analisis data penelitian diuji terlebih dahulu validitas dan reliabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan analisis jalur dan uji t dengan bantuan software SPSS versi 26.
Dari hasil analisis data semua uji asumsi klasik terpenuhi sehingga pengujian hipotesis dapat dilakukan. Berdasarkan pengujian analisis jalur, terdapat pengaruh langsung perilaku belajar terhadap hasil belajar dengan t hitung sebesar 4,761 > 1,994 dan signifikansi 0,000<0,05. Pengaruh langsung perilaku belajar terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai 9,084 > 1,994 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar akuntansi dengan nilai 4,094>1,994 dan nilai signifikan 0,000<0,05. Namun kemampuan berpikir kritis tidak terbukti dapat memediasi pengaruh antara perilaku belajar dengan hasil belajar akuntansi, karena pengaruh langsung lebih besar daripada pengaruh tidak langsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Perilaku Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 18 May 2024 03:31 |
Last Modified: | 18 May 2024 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56544 |