Dachi, Vida Gresiana (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP METHODIST 1 RANTAUPRAPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111085_Cover.pdf
Download (378kB)
4193111085_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (134kB)
4193111085_Abstrak.pdf
Download (333kB)
4193111085_Kata_Pengantar.pdf
Download (307kB)
4193111085_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
4193111085_BAB_I.pdf
Download (624kB)
4193111085_BAB_V.pdf
Download (467kB)
4193111085_Daftar_Pustaka.pdf
Download (333kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Geogebra. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa siswi kelas VIII SMP Methodist 1 Rantauprapat yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Sebelum melaksanakan penelitian atau melakukan tindakan diberikan tes awal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dan diakhir setiap siklusnya diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Siswa mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah terlihat pada tes
awal rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 8,08 pada kategori sangat rendah dengan persentase rata 26,95%. Pada siklus I hasil tes menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 15,73 pada kategori rendah
dengan persentase 52,75% dengan keberhasilan klasikal sebesar 47,82%. Dari hasil tes siklus II menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 24,95 pada kategori tinggi dengan persentase 83,18% dengan keberhasilan klasikal sebesar 83,18% dan juga diperoleh nilai N-Gain 0,79 atau berada pada kategori tinggi. Hasil tes menujukkan ada peningkatan dari tes yang diberikan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Dac p |
Keywords: | Pemecahan masalah; Geogebra; Pembelajaran kooperatif; Student Team Achievement Division |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 07 May 2024 09:30 |
Last Modified: | 07 May 2024 09:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56461 |