PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP METHODIST 1 RANTAUPRAPAT

Dachi, Vida Gresiana (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP METHODIST 1 RANTAUPRAPAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111085_Cover.pdf] Text
4193111085_Cover.pdf

Download (378kB)
[thumbnail of 4193111085_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111085_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 4193111085_Abstrak.pdf] Text
4193111085_Abstrak.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of 4193111085_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111085_Kata_Pengantar.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4193111085_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111085_Daftar_Isi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 4193111085_BAB_I.pdf] Text
4193111085_BAB_I.pdf

Download (624kB)
[thumbnail of 4193111085_BAB_V.pdf] Text
4193111085_BAB_V.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 4193111085_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111085_Daftar_Pustaka.pdf

Download (333kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Geogebra. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa siswi kelas VIII SMP Methodist 1 Rantauprapat yang berjumlah 23 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus. Sebelum melaksanakan penelitian atau melakukan tindakan diberikan tes awal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dan diakhir setiap siklusnya diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Siswa mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah terlihat pada tes
awal rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 8,08 pada kategori sangat rendah dengan persentase rata 26,95%. Pada siklus I hasil tes menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 15,73 pada kategori rendah
dengan persentase 52,75% dengan keberhasilan klasikal sebesar 47,82%. Dari hasil tes siklus II menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yaitu 24,95 pada kategori tinggi dengan persentase 83,18% dengan keberhasilan klasikal sebesar 83,18% dan juga diperoleh nilai N-Gain 0,79 atau berada pada kategori tinggi. Hasil tes menujukkan ada peningkatan dari tes yang diberikan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Geogebra dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Dac p
Keywords: Pemecahan masalah; Geogebra; Pembelajaran kooperatif; Student Team Achievement Division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 May 2024 09:30
Last Modified: 07 May 2024 09:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56461

Actions (login required)

View Item
View Item