PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP

Situmorang, Nova Lenta (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 4193111016_Cover.pdf] Text
4193111016_Cover.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4193111016_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111016_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 4193111016_Abstrak.pdf] Text
4193111016_Abstrak.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 4193111016_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111016_Kata_Pengantar.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 4193111016_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111016_Daftar_Isi.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 4193111016_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111016_Daftar_Gambar.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 4193111016_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111016_Daftar_Tabel.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 4193111016_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111016_Daftar_Lampiran.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 4193111016_BAB_I.pdf] Text
4193111016_BAB_I.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of 4193111016_BAB_V.pdf] Text
4193111016_BAB_V.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 21 Medan dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa VIII-5 SMP Negeri 21 Medan dengan jumlah 31 siswa. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi/evaluasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dapat meningkat setelah diterapkannya model pembelajaran discovery learning. Peningkatan diperoleh melalui skor rata-rata siswa dari 57,52 dalam kategori kurang meningkat pada siklus I menjadi 68,11 dalam kategori kurang serta meningkat pada siklus II menjadi 77,81 dalam kategori cukup. Peningkatan juga diperoleh dari kemampuan siswa secara klasikal dimana pada siklus I diperoleh sebanyak 16 siswa (51,61%) tuntas. Lalu, pada siklus II Diperoleh sebanyak 27 siswa (87,1%) tuntas secara klasikal. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 21 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemahaman konsep; Model pemebelajaran; Observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Beatrix Nainggolan
Date Deposited: 07 May 2024 03:37
Last Modified: 07 May 2024 03:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56413

Actions (login required)

View Item
View Item