IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DILIHAT DARI PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KARYA BUNDA MANDIRI

Ramadhani, Widya (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DILIHAT DARI PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KARYA BUNDA MANDIRI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4183111050_Cover.pdf] Text
4183111050_Cover.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4183111050_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4183111050_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4183111050_Abstrak.pdf] Text
4183111050_Abstrak.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 4183111050_Kata_Pengantar.pdf] Text
4183111050_Kata_Pengantar.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 4183111050_Daftar_Isi.pdf] Text
4183111050_Daftar_Isi.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 4183111050_BAB_I.pdf] Text
4183111050_BAB_I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of 4183111050_BAB_V.pdf] Text
4183111050_BAB_V.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 4183111050_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4183111050_Daftar_Pustaka.pdf

Download (163kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dilihat dari partisipasi siswa melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Karya Bunda Mandiri Medan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Karya Bunda Mandiri Medan pada semester ganjil yang berjumlah 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematika dilihat dari partisipasi siswa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi SPLDV. Penelitian terdiri dari 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes, angket dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi siswa pada materi SPLDV saat diterapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah, angket digunakan untuk mengetahui bagaimana partisipasi siswa pada saat pembelajaran dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar pada saat menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,84 sudah berada pada kategori baik dan siklus II yaitu 3,54 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan, dimana pada tes kemampuan komunikasi matematika dilihat dari partisipasi siswa di siklus I persentase ketuntasan hanya 29,2% (7 siswa ) dengan rata-rata 55,2 dan pada siklus II menjadi 83,3% (20 siswa) dengan nilai rata-rata 81,6. Sehingga peserta didik sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (≥ 75%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Karya Bunda Mandiri Medan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dilihat dari partisipasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 510.071 2 Ram i
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Komunikasi matematis; Partisispasi siswa; Sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 May 2024 09:19
Last Modified: 06 May 2024 09:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56374

Actions (login required)

View Item
View Item