Putri, Najwa Aulia (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI MAN BINJAI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
4192121004_Cover.pdf
Download (265kB)
4192121004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (679kB)
4192121004_Abstrak.pdf
Download (448kB)
4192121004_Kata_Pengantar.pdf
Download (466kB)
4192121004_Daftar_Isi.pdf
Download (316kB)
4192121004_Daftar_Gambar.pdf
Download (445kB)
4192121004_Daftar_Tabel.pdf
Download (259kB)
4192121004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (285kB)
4192121004_BAB_I.pdf
Download (500kB)
4192121004_BAB_V.pdf
Download (445kB)
4192121004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (435kB)
Abstract
Proses pembelajaran cenderung belum memperhatikan karakteristik siswa khususnya pada aspek gaya belajar. Oleh karena itu, penelitian penerapan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar fisika siswa pada materi gelombang bunyi di kelas XI MAN Binjai. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan desain penelitian adalah two group pretest and postest. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MAN Binjai yang berjumlah 140 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas XI MIA 3 sebagai kelas
eksperimen dan XI MIA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrument yang digunakan yaitu tes pilihan berganda berjumlah 15 soal yang sudah divalidasi, lembar observasi aktivitas siswa, uji hipotesis untuk melihat perbedaan dan effect size untuk melihat adanya pengaruh. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 53,33 dan pretes kelas
kontrol adalah 51,61. Rata-rata postes kelas eksperimen adalah 73,71 dan postes kelas kontrol adalah 65.33. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan
uji t dua pihak dengan taraf signifikan � = 0,05 diperoleh hasil ������� < ������ (0,05 < 1,9974) maka kedua kelas sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Hasil dari uji-t satu pihak diperoleh �ℎ����� > ������ (3,39 > 1,66) maka �0
ditolak dan �1 diterima yang menyatakan bahwa adanya perbedaan hasil belajar fisika siswa. Hasil dari uji effect size diperoleh nilai 0,55 termasuk ke dalam kriteria
sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mempunyai pengaruh untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa pada materi gelombang
bunyi kelas XI MAN Binjai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Gaya belajar; Hasil belajar; Belajar fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Beatrix Nainggolan |
Date Deposited: | 06 May 2024 06:34 |
Last Modified: | 06 May 2024 06:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56367 |