Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Strip Story Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan

Waruwu, Vivin Juliandra (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Strip Story Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM.2192411013 COVER.pdf] Text
1. NIM.2192411013 COVER.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 2. NIM.2192411013 APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. NIM.2192411013 APPROVAL SHEET.pdf

Download (985kB)
[thumbnail of 3. NIM.2192411013 ABSTRACT.pdf] Text
3. NIM.2192411013 ABSTRACT.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4. NIM.2192411013 PREFACE.pdf] Text
4. NIM.2192411013 PREFACE.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 5. NIM.2192411013 TABLE OF CONTENT.pdf] Text
5. NIM.2192411013 TABLE OF CONTENT.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 6. NIM.2192411013 LIST OF FIGURE.pdf] Text
6. NIM.2192411013 LIST OF FIGURE.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 7. NIM.2192411013 LIST OF TABLE.pdf] Text
7. NIM.2192411013 LIST OF TABLE.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 8. NIM.2192411013 LIST OF APPENDIX.pdf] Text
8. NIM.2192411013 LIST OF APPENDIX.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 9. NIM.2192411013 CHAPTER I.pdf] Text
9. NIM.2192411013 CHAPTER I.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 13. NIM.2192411013 CHAPTER V.pdf] Text
13. NIM.2192411013 CHAPTER V.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 14. NIM.2192411013 BIBLIOGRAPHY.pdf] Text
14. NIM.2192411013 BIBLIOGRAPHY.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Medan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media strip story. (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi peserta didik kelas X SMA
Negeri 8 Medan menggunakan problem based learning berbantuan media strip story. (3) Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media strip story siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan. Populasi penelitian kelas X SMA Negeri 8 Medan. Sampel penelitian terdapat 2 kelas yaitu kelas eksperimen berjumlah 35 peserta didik dan kelas kontrol 36 peserta didik yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan menulis teks biografi yang terdiri dari struktur dan kaidah kebahasaan. Metode penelitian yaitu metode eksperimen dengan two group post-test only design. Teknik analisis data menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian mendapati nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,43 masuk dalam kategori baik sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 64,71 masuk dalam kategori cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media strip story berpengaruh dan meningkatkan kemampuan menulis teks biografi peserta didik. Peningkatan tersebut dapat
dibuktikan dari uji hipotesis yang memperoleh thitung > ttabel , yaitu 9,79 > 1,69 yang membuktikan terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media strip story terhadap
kemampuan menulis teks biografi peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model pembelajaran, problem based learning, media, strip story, kemampuan menulis, teks biografi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Brian Nicolas Rajagukguk
Date Deposited: 06 May 2024 03:06
Last Modified: 06 May 2024 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56317

Actions (login required)

View Item
View Item