Waruwu, Vivin Juliandra (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Strip Story Terhadap Kemampuan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.2192411013 COVER.pdf
Download (202kB)
2. NIM.2192411013 APPROVAL SHEET.pdf
Download (985kB)
3. NIM.2192411013 ABSTRACT.pdf
Download (128kB)
4. NIM.2192411013 PREFACE.pdf
Download (155kB)
5. NIM.2192411013 TABLE OF CONTENT.pdf
Download (147kB)
6. NIM.2192411013 LIST OF FIGURE.pdf
Download (58kB)
7. NIM.2192411013 LIST OF TABLE.pdf
Download (88kB)
8. NIM.2192411013 LIST OF APPENDIX.pdf
Download (80kB)
9. NIM.2192411013 CHAPTER I.pdf
Download (307kB)
13. NIM.2192411013 CHAPTER V.pdf
Download (128kB)
14. NIM.2192411013 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (154kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Medan menggunakan model pembelajaran problem based learning berbantuan media strip story. (2) Mendeskripsikan kemampuan menulis teks biografi peserta didik kelas X SMA
Negeri 8 Medan menggunakan problem based learning berbantuan media strip story. (3) Mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media strip story siswa kelas X SMA Negeri 8 Medan. Populasi penelitian kelas X SMA Negeri 8 Medan. Sampel penelitian terdapat 2 kelas yaitu kelas eksperimen berjumlah 35 peserta didik dan kelas kontrol 36 peserta didik yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes kemampuan menulis teks biografi yang terdiri dari struktur dan kaidah kebahasaan. Metode penelitian yaitu metode eksperimen dengan two group post-test only design. Teknik analisis data menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian mendapati nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 82,43 masuk dalam kategori baik sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 64,71 masuk dalam kategori cukup baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media strip story berpengaruh dan meningkatkan kemampuan menulis teks biografi peserta didik. Peningkatan tersebut dapat
dibuktikan dari uji hipotesis yang memperoleh thitung > ttabel , yaitu 9,79 > 1,69 yang membuktikan terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media strip story terhadap
kemampuan menulis teks biografi peserta didik kelas X SMA Negeri 8 Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | model pembelajaran, problem based learning, media, strip story, kemampuan menulis, teks biografi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Brian Nicolas Rajagukguk |
Date Deposited: | 06 May 2024 03:06 |
Last Modified: | 06 May 2024 03:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56317 |