Frakas, Nurul Annisa (2021) KAJIAN TIPOLOGI TANDA PADA KARYA SENI LUKIS OESMAN EFFENDI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2173151015 COVER.pdf
Download (153kB)
2. NIM 2173151015 APPROVAL SHEET.pdf
Download (591kB)
3. NIM 2173151015 ABSTRACT.pdf
Download (34kB)
4. NIM 2173151015 PREFACE.pdf
Download (245kB)
5. NIM 2173151015 TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (142kB)
6. NIM 2173151015 ILLUSTRATIONS.pdf
Download (107kB)
7. NIM 2173151015 TABLES.pdf
Download (52kB)
8. NIM 2173151015 APPENDICES.pdf
Download (53kB)
9. NIM 2173151015 CHAPTER I.pdf
Download (342kB)
13. NIM 2173151015 CHAPTER V.pdf
Download (136kB)
14. NIM 2173151015 BIBLIOGRAPHY.pdf
Download (119kB)
Abstract
Seni lukis merupakan media untuk mengungkapkan ekspresi dan perasaan maupun pesan sang seniman yang tertuang pada berbagai media gambar. Seni lukis aliran abstrak memiliki keunikan tersendiri berupa gambar luapan perasaan dan tersimpan makna yang hanya seniman itu sendiri yang mengerti. Seni lukis abstrak merupakan hasil imajinasi seniman dalam mencari esensi bentuk objeknya sehingga bentuk dari wujudnya menjadi unik, selain itu bentuk dari lukisan abstrak itu sendiri sulit untuk kita kenal sekalipun kita jumpai dalam alam nyata. Karya lukisan Oesman Effendi (OE) memiliki bentuk unik yang lebih sederhana atau abstrak menjadikan kurangnya apresiasi dari masyarakat sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk dapat memahami makna yang tersirat dalam karya lukisan OE dengan berdasarkan teori kajian tipologi tanda pada aspek trikotomi pertama (representamen), trikotomi kedua (objek), serta trikotomi ketiga (interpretan). Metode yang digunakan ialah deskriptif kualitatif-interpretatif, yakni mengaplikasikan teori tipologi tanda guna mendeskripsikan makna pada karya lukisan OE dengan jelas dan secara terstruktur. Hasil penelitian menjelaskan bahwa representamen bersifat indrawi yakni dihadirkan dalam bentuk baru terinspirasi dari alam sekitar seperti sunyi, kuat, bahagia, tenang, hangat, semangat, solidaritas, agung, tegas, bersinar, sederhana, spiritual, bermartabat, dramatis, dan klasik. Dalam aspek objek yang diacu ialah bentuk non figuratif yang dikembangkan melalui naluri ataupun perasaan yang sedang dialami seniman seperti tradisi kebudayaan, keagamaan, keramaian, dan perasaan seniman. Berdasarkan aspek interpretan dihadirkan dalam bentuk alam sekitar berdasarkan ketetapan seperti ungkapan rasa, adat dan budaya, tempat liburan, tempat beribadah dan tempat keramaian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Tipologi Tanda; Representamen; Objek; Interpretan; Karya Lukisan Oesman Effendi |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 06 May 2024 02:14 |
Last Modified: | 06 May 2024 02:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56308 |