Thohirah, Ismi Salwa (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI MTS YASPI LABUHAN DELI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111040_Cover.pdf
Download (71kB)
4191111040_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (193kB)
4191111040_Abstrak.pdf
Download (123kB)
4191111040_Kata_Pengantar.pdf
Download (224kB)
4191111040_Daftar_Isi.pdf
Download (182kB)
4191111040_Daftar_Tabel.pdf
Download (114kB)
4191111040_Daftar_Gambar.pdf
Download (86kB)
4191111040_Daftar_Lampiran.pdf
Download (146kB)
4191111040_BAB_I.pdf
Download (591kB)
4191111040_BAB_V.pdf
Download (112kB)
4191111040_Daftar_Pustaka.pdf
Download (288kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (2) apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, (3) apakah terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas VIII di MTs Yaspi Labuhan Deli. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi Eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MTs Yaspi Labuhan Deli. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling, yaitu kelas VIII-D sebagai kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan kelas VIII-C sebagai kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berupa bentuk soal uraian (Essay) sebanyak 3 soal. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t-Test dengan Teknik Paired sample t-Test dan Independent sample t-Test dengan berbantuan program SPSS 26.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pengujian hipotesis 1 memperoleh nilai �ℎ����� (21.305 ) > ������ (1.699127) atau nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap kemampuan pemecahan maslaah matematis siswa. (2) pengujian hipotesis 2 memperoleh nilai �ℎ�����(18,855) > ������ (1,699127) atau nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan pemecahan maslaah matematis siswa, (3) Pengujian hipotesis 3 memperoleh nilai �ℎ����� (3,964) > ������ (1,671553) atau nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0.000 < 0.05. yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. sehingga bahwa terdapat perbedaan signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas VIII di MTs Yaspi Labuhan Deli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Make A Match, STAD, pengaruh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 May 2024 05:32 |
Last Modified: | 05 May 2024 05:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56232 |