Suryani, Irma Dwi (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS VIII SMP YPMA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4171111026_Cover.pdf
Download (45kB)
4171111026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (434kB)
4171111026_Abstrak.pdf
Download (180kB)
4171111026_Kata_Pengantar.pdf
Download (191kB)
4171111026_Daftar_Isi.pdf
Download (98kB)
4171111026_Daftar_Tabel.pdf
Download (60kB)
4171111026_Daftar_Gambar.pdf
Download (33kB)
4171111026_Daftar_Lampiran.pdf
Download (62kB)
4171111026_BAB_I.pdf
Download (616kB)
4171111026_BAB_V.pdf
Download (64kB)
4171111026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (336kB)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP YPMA Medan pada tahun ajaran 2020/2021 dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui proses jawaban tes kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas dengan 2 siklus. Subjek penelitian terdiri dari 36 siswa kelas VIII SMP YPMA Medan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi guru dan siswa serta tes kemampuan komunikasi matematis. Hasil tes pada siklus I menunjukkan bahwa 21 siswa dari 36 siswa (58,33%) telah mencapai kriteria kemampuan komunikasi matematis dengan rata-rata 62,73. Pada siklus II, jumlah siswa yang mencapai kriteria tersebut meningkat menjadi 31 siswa dari 36 siswa (86,11%) dengan rata-rata 75,87. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa diukur berdasarkan persentase siswa yang mencapai kriteria pada siklus II yang lebih tinggi dibandingkan dengan siklus I serta rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada siklus II yang lebih tinggi dibandingkan dengan siklus I. Dapat disimpulkan dari hasil penelitian bahwa model Problem Based-Learning dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP YPMA Medan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kemampuan Komunikasi Matematis, Model Problem Based Learning, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 05 May 2024 05:01 |
Last Modified: | 05 May 2024 05:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56231 |