UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS VII

Hafizzah, Dilla (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193111005_Cover.pdf] Text
4193111005_Cover.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of 4193111005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193111005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (902kB)
[thumbnail of 4193111005_Abstrak.pdf] Text
4193111005_Abstrak.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4193111005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193111005_Kata_Pengantar.pdf

Download (796kB)
[thumbnail of 4193111005_Daftar_Isi.pdf] Text
4193111005_Daftar_Isi.pdf

Download (939kB)
[thumbnail of 4193111005_Daftar_Tabel.pdf] Text
4193111005_Daftar_Tabel.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of 4193111005_Daftar_Gambar.pdf] Text
4193111005_Daftar_Gambar.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of 4193111005_Daftar_Lampiran.pdf] Text
4193111005_Daftar_Lampiran.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of 4193111005_BAB_I.pdf] Text
4193111005_BAB_I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 4193111005_BAB_V.pdf] Text
4193111005_BAB_V.pdf

Download (418kB)
[thumbnail of 4193111005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193111005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami pembelajaran, salah satunya adalah kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran dan jarangnya penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti melakukan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung oleh video pembelajaran, dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan makna pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung oleh video pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika di kelas VII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Raka Joni, yang meliputi tahapan permasalahan, rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis data, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa dari kelas VII-I SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung oleh video pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Sebelum tindakan dilakukan, nilai rata-rata siswa adalah 47,97 dengan persentase klasikal 23,33%. Setelah tindakan dilakukan pada siklus I, terjadi peningkatan menjadi 73,43 dengan persentase klasikal 63,33%. Pada siklus II, terjadi peningkatan lebih lanjut menjadi
89,68 dengan persentase klasikal 90% . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung oleh video pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemahaman Konsep Matematika; Modep Problem Based Learning; Video Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 03 May 2024 10:03
Last Modified: 03 May 2024 10:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56217

Actions (login required)

View Item
View Item