Hafizzah, Dilla (2023) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN DI KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.
4193111005_Cover.pdf
Download (254kB)
4193111005_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (902kB)
4193111005_Abstrak.pdf
Download (1MB)
4193111005_Kata_Pengantar.pdf
Download (796kB)
4193111005_Daftar_Isi.pdf
Download (939kB)
4193111005_Daftar_Tabel.pdf
Download (425kB)
4193111005_Daftar_Gambar.pdf
Download (295kB)
4193111005_Daftar_Lampiran.pdf
Download (591kB)
4193111005_BAB_I.pdf
Download (3MB)
4193111005_BAB_V.pdf
Download (418kB)
4193111005_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Hal ini disebabkan oleh kesulitan siswa dalam memahami pembelajaran, salah satunya adalah kurang optimalnya penggunaan model pembelajaran dan jarangnya penggunaan media pembelajaran sebagai alat bantu. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti melakukan perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung oleh video pembelajaran, dengan tujuan meningkatkan efektivitas dan makna pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung oleh video pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika di kelas VII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Raka Joni, yang meliputi tahapan permasalahan, rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis data, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa dari kelas VII-I SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung oleh video pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Sebelum tindakan dilakukan, nilai rata-rata siswa adalah 47,97 dengan persentase klasikal 23,33%. Setelah tindakan dilakukan pada siklus I, terjadi peningkatan menjadi 73,43 dengan persentase klasikal 63,33%. Pada siklus II, terjadi peningkatan lebih lanjut menjadi
89,68 dengan persentase klasikal 90% . Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning yang didukung oleh video pembelajaran efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pemahaman Konsep Matematika; Modep Problem Based Learning; Video Pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 03 May 2024 10:03 |
Last Modified: | 03 May 2024 10:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/56217 |